Sabtu, 01 Januari 2011

Men-submit blog ke lebih banyak search engine

Sejak awal kalau kita berbicara optimasi blog (SEO) mungkin fokus kita hanya Google-lah yang merajai search engine, memang diakui Google menguasai 60% kapling search engine di dunia maya karena Google memiliki lebih banyak fitur-fitur untuk bisa memaksimalkan para user-nya agar mendapat traffic seperti Goggle webmaster (link), Google analytics (link) dan banyak fitur lainnya yang bisa dipakai, tapi perlu diingat juga bahwa di internet ada banyak mesin pencari selain Google yang dipakai oleh seluruh user internet di seluruh dunia. Untuk anda yang ingin men-submit ke Goggle bisa baca artikel saya disini (link), namun jika ingin lebih memaksimalkan traffic dan mendapatkan backlink ke blog kita, tidak ada salahnya kita men-submit blog kita ke lebih banyak search engine yang ada di internet contohnya ke yahoo.com atau msn.com.

Kali ini saya ingin menjelaskan cara men-submit blog kita ke live search di msn.com dan site explorer di yahoo.com, walau keduanya tidak memiliki fitur-fitur tracking data seperti milik Google webmaster atau Google analytic, namun kontribusi dari kedua search engine diatas (MSN.com dan Yahoo.com) tidak kalah pentingnya untuk mendapatkan traffic ke blog kita. Untuk men-chek validasi backlink yang kita dapat dari semua search engine bisa menggunakan fasilitas url metrix ( anda bisa baca artikelnya disini (link)).

Oke mari kita mulai,

1. msn.com

men-submit di live search msn.com caranya sangat mudah, kita tidak perlu meng-copy kode tracking yang harus kita taruh/paste di kode HTML blog kita seperti di Google webmaster.
- ketikkan alamat URL blog kita (lengkap dengan http-nya) - masukkan kode yang tertulis disitu agar msn.com tidak menganggap url yang kita masukan bukan dari program otomatis (robot).
- klik submit URL
- selesai

2. yahoo.com

Yahoo site explorer menyediakan sarana untuk men-submit blog kita, sama seperti di live search-nya msn.com kita tidak perlu meng-copy-paste kode tracking ke kode HTML blog kita (karena mereka tidak menyediakan..:)). Site Explorer Yahoo.com membuat 2 pilihan untuk men-submit blog kita:
yaitu men-submit URL dan men-submit feed,

a. submit a website or webpage
klik tab ini untuk men-submit blog, cara ini memang sangat mudah :
- ketikkan alamat URL blog kita (lengkap dengan http), misalnya : http://bisnisdari-rumah.blogspot.com
- Klik submit URL
- selesai

b. submit site feed
untuk men-submit site / blog feed anda bisa temukan di dashboard blogger.com kita, pilih setting dan temukan disitu, atau mungkin anda ingat feed anda yang sudah dimodifikasi (contohnya anda masukkan ke feedburner.com atau yang lain)
oke saya anggap anda sudah tahu feed blog anda.
-masukkan feed yang ada di blog kita
misalnya : http://feedburner2.google/......
- klik submit feed
- selesai

happy optimization.....

Menganalisa Teknik Optimasi SEO Internal Wikipedia

Belajar SEO Blogspot – Siapa yang tak kenal dengan Wikipedia? Saya yakin pasti semua sudah mengenal situs yang menyajikan berbagai macam ensiklopedia bebas ini. Tapi pernahkah sobat berpikir kenapa Wikipedia ini dapat mendominasi hampir di semua keyword kompetitif di semua mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, dan MSN? Kita melihat sering sekali Wikipedia ini di urutan pertama atau paling tidak di 5 besar atau 10 besar halaman SERP google mengalahkan situs-situs komersial yang harganya cukup tinggi dan mempunyai struktur link campaign yang solid.

Nah, dalam postingan kali ini saya akan mencoba membahas dengan menganalisa apa yang terjadi pada Wikipedia ini, terutama dari segi teknik optimasi SEO internal Wikipedia sendiri. Karena saya menemukan internal link yang sangat konsisten dan baik di dalamnya.


Berikut adalah analisa situs Wikipedia dilihat dari segi optimasi SEO internalnya.


1.      Internal Link
Internal link sendiri merupakan kampanye link yang sangat solid dan ini telah dipraktekan di situs Wikipedia. Wikipedia mempunyai kebiasaan melakukan internal link yang sangat baik dan juga konsisten, sehingga kita bisa menemukan banyak sekali link-link yang tertaut ke halaman-halaman di situs tersebut dalam satu paragraf saja. Maka tidaklah heran jika situs Wikipedia ini sering sekali muncul di urutan pertama atau 5 sampai 10 besar halaman SERP google untuk sebuah keyword yang sangat kompetitif.

2.      Navigasi Situs (Site Navigation) yang banyak
Navigasi situs yang baik merupakan dasar dari teknik optimasi on site. Semakin lengkap navigasi situs dalam sebuah situs akan semakin baik. Dan Wikipedia sendiri mempunyai hal ini. Situs ini bukan hanya berisikan navigasi seperti Home, About, atau pun halaman-halaman kategori, melainkan juga memiliki related post, random post, dan juga halaman-halaman lainnya. Ini bisa kita liat di hampir seluruh sidebar dan kolom di Wikipedia sehingga pembaca yang sedang membaca di situs tersebut merasa benar-benar disuguhkan dengan semua informasi yang ada disana.

3.      Anchor Text
Wikipedia juga selalu memberi anchor text yang lengkap dan deskriptif saat memberi tautan ke halaman lainnya, sehingga search engine akan langsung mengidentifikasi topik ke halaman tersebut.

4.      Tidak ada link keluar (Outbond Link) tanpa nofollow link
Hal lainnya yang dipraktekan Wikipedia adalah tidak memberikan link keluar tanpa diberi atribut rel nofollow. Wikipedia selain sangat jarang memberi link keluar kepada website lain, namun jika terpaksa memberi link keluar (biasanya link milik kontributor Wikipedia dalam profilenya), link tersebut pasti diberi atribut rel nofollow.

5.      Selalu update
Yang kelima ini merupakan kebiasaan Wikipedia yang lain yakni rutinnya melakukan update dengan konten yang informatif, edukatif dan segar, dan juga hal yang diajurkan dalam SEO.

Kelima hal di atas tadi adalah analisa teknik optimasi SEO internal Wikipedia yang selalu dilakukan secara serius dan konsisten oleh situs tersebut sehingga dapat membuahkan hasil yang luar biasa seperti sekarang ini, disamping juga eksternal, maka hampir semua keyword kompetitif pun dikuasainya.

Sumber: abibakarblog.com

Menyedot 1.000 Pengunjung Sehari Tanpa Bantuan Search Engine! Mau?

Belajar SEO Blogspot – Sobat pembaca pasti sudah tau apa impian para blogger selain membuat blog mereka terkenal? Benar! Mendapatkan pengunjung yang banyak. Ini memang impian dan dambaan seluruh blogger. Berbagai usaha telah dilakukan dengan kerja keras. Namun terkadang mereka merasa kecewa dan down (akibatnya males posting) karena melihat blog mereka yang kian hari makin sepi pengunjung walaupun mereka telah melakukan banyak cara untuk mendapatkan pengunjung. Fenomena ini tidak akan terjadi kok jika sobat membaca habis artikel ini.

Melihat fenomena di atas, saya merasa tergerak tangan saya untuk mengetik secoret artikel ringan ini tentang bagaimana mendapatkan 1.000 pengunjung sehari tanpa bantuan search engine (mesin pencari). Tanpa bantuan search engine? Benar! Apakah bisa? Bisa, jika sobat mau melakukan langkah-langkahnya.


Salah satu langkah yang pasti selain menggunakan teknik-teknik SEO blogspot adalah dengan meminta bantuan social bookmarking dan juga forum. Penasaran? Berikut penjelasannya.

Mencuri Trafik dari Lintas Berita

Saya sempat memposting artikel mengenai Lintas Berita ini di halaman ini dan di halaman ini. Sama seperti yang pernah saya bahas pada artikel tersebut, Lintas Berita dapat meningkatkan trafik pengunjung di blog kita sob. Caranya tak lain adalah dengan mensubmit atau mengirimkan artikel-artikel kita kesana.

Situs social bookmarking yang mengadaptasi Digg.com ini menerima kiriman-kiriman artikel dari puluhan ribu anggotanya sob. Artikel yang populer diindikasikan dengan jumlah voting yang diberikan member. Dalam pengamatan saya, artikel yang mendapat voting 200 ke atas akan menjadi Hot artikel. Sementara, artikel yang dalam sehari mendapat 400-500 voting akan masuk dalam artikel Top 10 sob.

Berapa banyak sich pengunjung dari hot artikel dan top 10? Menurut penuturan dari salah satu sumber yang saya baca, dalam sehari sebuah hot artikel bisa mendatangkan 500-700 pengunjung. Sementara untuk artikel top 10 bisa mendatangkan 1.000-1.800 pengunjung dalam sehari sob. Wow..! Gak kebayang apa jadinya kalau hal ini menimpa blog mu sob. :)

So, buruan dech submit artikel-artikel sobat yang tentunya bernilai guna dan tentunya juga harus unik dan banyak dicari pembaca (yg lagi hot saat ini) ke Lintas Berita ini.

Submit Artikel ke InfoGue

Selain di Lintas Berita, sobat juga kudu nyoba submit artikel sobat ke InfoGue. Saya halnya dengan Lintas Berita tadi, situs social bookmarking ini mendapatkan kiriman-kiriman artikel dari para membernya. Namun, artikel-artikel di InfoGue bisa dibilang relatif mudah menjadi hot artikel sob, karena nilai votingnya yang relatif kecil yaitu 40-50 voting. Juga dilihat dari segi pengunjung, infogue relatif lebih sedikit memberikan pengunjung yaitu sekitar 100-200 pengunjung. Tapi tak apalah sob. Tak ada salahnya untuk mencoba. :)

Bergabung di Kaskus

Kaskus (singkatan dari kasak kusuk) adalah sebuah forum komunitas masyarakat Indonesia yang terbesar saat ini. Jujur sob, saya belum bergabung dengan forum yang satu ini :) , namun potensinya dalam mendatangkan pengunjung sama halnya dengan Lintas Berita kok.

Menurut penuturan seorang teman blogger sebelah kepada saya baru-baru ini, ia mengaku kalau setelah ia mengirimkan salah satu postingan artikelnya ke Kaskus ini, pengunjung yang datang ke blognya mencapai sekitar 900 orang pengunjung sob. Wahh.. sungguh menguntungkan berarti Kaskus ini.

Ayo sob, mumpung masih ada silakan daftar dulu ke Kaskus. Saya pun juga akan mendaftar disana dan mengirimkan satu demi satu postingan-postingan saya kesana. :)

Nah sob, gabungan dari social bookmarking tadi, Lintas Berita, InfoGue, dan juga Kaskus bisa menghasilkan pageviews yang cukup besar (bisa tembus 15,600 pageviews sehari sob) untuk ukuran blog berbahasa Indonesia.

Jadi, sangat memungkinkan bagi kita untuk mendapatkan 1.000 pengunjung tanpa bantuan search engine. Yang perlu kita lakukan hanyalah membuat artikel yang menarik, unik, dan dicari oleh banyak pembaca dan tentunya juga dengan mensubmit atau mengirimkan artikel-artikel kita ke social bookmarking seperti tadi, Lintas Berita, InfoGue, dan juga forum Kaskus. Menurut saya pribadi, cara ini cukup lumayan ampuh dan menjanjikan untuk mendatangkan trafik ke blog kita.

Mungkin sobat pembaca punya cara-cara lainnya yang berkaitan dengan hal ini. Untuk itu jika tidak keberatan share aja disini bareng-bareng agar blogger pembaca lainnya lebih banyak tahu tentang yang lainnya. Ok. :)

Sampai jumpa.

Kumpul-Kumpul Tahun Baru 2011

Setiap menjelang atau pada saat hari pertama di tahun baru, saya dan beberapa rekan sesama penggemar jam antik selalu berkumpul untuk sekedar silaturahmi, update koleksi, perbincangan seputar arloji antik dan biasanya terjadi perpindahan kepemilikan dari jam-jam antik yang kami bawa. Tanggal 1 Januari 2011 kali ini, saya dan kawan-kawan silaturahmi ke rumah salah satu rekan senior dalam dunia koleksi jam antik. Kunjungan ini sekaligus untuk syukuran karena beliau menempati rumah baru di daerah BSD. Di teras samping rumah baru beliau yang nyaman dan menyenangkan ini kami menghabiskan beberapa lama untuk membahas jam-jam antik yang kami bawa siang itu. Dari sekian banyak jam antik yang ada, saya hanya menampilkan beberapa saja yang menurut saya termasuk koleksi yang menarik dan berharga. Gambar dibawah adalah penganan pembuka siang itu..

Dan ini adalah "makanan utama" pada acara kumpul-kumpul kali ini!!...

Terus terang saya kagum dengan koleksi yang mayoritas dibawa oleh Agen M, salah satu rekan senior dalam hobby ini. Beberapa jam antik yang sudah sangat sulit di dapat bisa dilihat pada siang itu. Rekan Ariska (blog arloji antik) dan Reza (blog arloji kuno) terlihat bingung sekaligus kagum dengan koleksi yang terhidang siang itu. Beberapa koleksi langsung saja 'dipesan' agar saat sekali waktu dijual jam itu bisa langsung dipinang.

Jenis jam dengan penampilan yang eye catching adalah tentu saja jam dengan pepsi bezel (insert bezel merah dan biru). Ada 4 buah Rolex GMT )ref 1675 dan 16750) Pepsi bezel yang dibawa pada siang itu dan sebuah HEUER Autavia GMT vintage yang juga memiliki insert bezel pepsi. Semua Rolex dan Heuer ini masih dalam keadaan yang bagus.

Masih dengan Rolex, kali ini terdapat 3 buah Rolex (ref.1500 dan 1601) dengan gilt dial (dasar dial warna hitam dan tulisan emas), dan ketiganya menggunakan jarum model dauphine dan leaf hands. memang keriga rolex ini adalah rolex produksi tahun 60-an, sehingga model jarum yang digunakan dan desain indeks berbeda dengan 'Rolex modern'. Rolex dengan jarum model seperti ini bagi saya terlihat sangat 'seksi' dan memancarkan karakter yang berbeda dengan generasi setelahnya.


Agen M memang sekarang lebih fokus untuk koleksi Omega constellation antik dan memang koleksi Connie antiknya banyak dan cantik-cantik. Ada beberapa buah Connie antik cantik yang dibawa, beberapa diantaranya termasuk jenis-jenis yang sangat sulit didapat. Salah satunya adalah connie Cal.505 black dial. Salah satu alasan kenapa Agen M lebih suka koleksi Connie antik daripada jenis Omega yang lain adalah karena Connie merupakan salah satu tipe Omega yang pada jamannya mengalahkan Rolex baik dalam banyaknya sertifikat chronometer yang didapat dan kualitas movement yang lebih baik.

Gambar di bawah adalah 2 contoh Connie antik yang menarik. Yang bawah adalah Connie Cal.505 dengan indeks kipas, dial pie pan dan kondisi yang beautifully aged. Connie atas kondisinya masih sangat bagus dengan desain yang tidak biasa, yaitu gabungan antara indeks trapesium dan arabic number.

Omega berikut adalah contoh sebuah desain Omega yang sejak tahun 60-an sampai sekarang tetap dipertahankan, yaitu Omega Speedmaster 'the moonwatch'. Paling kanan adalah Speedy moonwatch cal.861 produksi awal tahun 70-an, berikutnya adalah Speedy Cal.321 dan terakhir adalah Speedy edisi khusus dan limited edition 1969 dengan cal.1861 yang dibuat khusus untuk memperingati tahun pendaratan manusia di bulan.

Salah satu jam non-swiss yang menarik perhatian adalah Citizen Recordmaster chronograph dan seiko chronograph generasi pertama yang masih menggunakan manual chronograph movement. Kondisi keduanya masih sangat bagus dan sulit untuk didapat, terutama untuk yang seiko.

Dan ini adalah jam-jam yang kami pakai siang itu: Reza dengan Rolex Thunderbird Ref.6609, Ariska dengan Rolex GMT master purple bezel, Agen M dengan Seiko chronograph 1st generation, saya dengan Omega Chronostop diver dan Pak Acil dengan Rolex 6480. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini tidak ada transaksi yang terjadi karena Agen M kali ini masih kuat 'menahan' koleksinya dan katanya belum saatnya dilepas.....