Sabtu, 27 November 2010

ROLEX GMT Master Ref.1675 produksi 1968

Saya akui, tipe Rolex GMT Master vintage masih menjadi idola saya sampai saat ini karena untuk mendapatkan submariner vintage lebih sulit dan harganya juga terpaut jauh dengan GMT. Hal yang saya sukai dari GMT ini adalah indeks dan jarumnya yang sudah mulai menguning menandakan usia yang sudah tua. Jam ini diproduksi pada tahun 1968 dan merupakan GMT Master pertama yang menggunakan tulisan berwarna putih.

Kondisi dial untuk sebuah jam yang telah berusia 42 tahun ini masih bagus dan bersih. Lempengan tanggal juga masih terlihat bersih. Jam ini saya beli dengan rantai oyster tebal dan akan lebih 'pas' lagi bila dipasangkan dengan rantai oyster tipis yang merupakan ciri khas Rolex pada tahun 60-an.


Rolex GMT akuisisi terakhir ini membuat komplit GMT Master saya karena sebelumnya saya sudah memiliki GMT Master dengan tahun produksi yang lebih muda yaitu tahun 1978 yang memiliki insert bezel berwarna hitam.

GTG Ke-6 KRONOMETROFILIA 27 Nov 2010

Tanggal 27 November 2010, kembali KRONOMETROFILIA (komunitas Penggemar Jam Indonesia) mengadakan GTG (Get ToGether) di rumah makan Omah Sendok di daerah Senopati. Acara GTG memang bukanlah acara yang secara rutin dilakukan dalam setiap waktu tertentu, kalau ada anggota yang inisiatif untuk mengadakan GTG dan banyak member yang bisa maka kegiatan bisa dilakukan. Anggota yang hadir saat itu sekitar 22 orang, dimana 2 orang anggota datang lambat dan tidak sempat berfoto.

Seperti hal-nya GTG-GTG sebelumnya, prioritas dan sajian utama acara adalah koleksi rekan-rekan komunitas yang digelar dalam acara itu. Biasanya koleksi-koleksi yang baru didapat akan dibawa untuk di share dengan yang lainnya. Dalam posting kali ini saya tidak akan sharing beberapa foto kegiatan tersebut dan koleksi-koleksi yang menarik untuk disimak (selain koleksi yang saya bawa..).

Dari beberapa rekan komunitas, ada beberapa rekan yang memiliki fokus yang jelas dalam memilih koleksi-nya. Salah satunya adalah Bung Rudy yang fokus untuk mengoleksi jam-jam vintage buatan Rusia. Koleksi ini menarik karena merupakan salah satu bukti sejarah bagaimana jayanya Uni Soviet pada masa itu dan program2 propagandanya yang salah satunya dilakukan lewat desain jam tangan. Semua jam rusia yang dibawa pada saat GTG masih terlihat mulus dan bagus. Gambar dibawah menunjukkan beberapa desain jam diver rusia vintage.

Rekan lain yang fokus dan koleksinya unik adalah Bung Haryo (HSW), yang memiliki ketertarikan pada jam merek GARUDA. Menurut saya merek ini unik karena merupakan salah satu bukti keinginan kuat pemerintahan Soekarno pada masa itu untuk menunjukkan kejayaan negeri ini. Rekan Haryo terlihat sedang menjelaskan apa dan bagaimanasejarah merek Garuda dan keberadaannya hingga saat ini. Di sebelah kiri HSW adalah Bung Rudy yang memiliki koleksi jam rusia antik yang luar biasa.

Jam dibawah adalah salah satu contoh bagaimana pemerintah Uni Soviet dulu melakukan propaganda terhadap program-programnya ke masyarakat melalui desain jam. Jam sebelah kanan yang berwarna merah memiliki desain jarum yang uni. Jarum jam ditunjukkan dengan bentuk 'Palu' sedangkan jarum menit ditunjukkan dengan bentuk seperti 'sabit'. Sedangkan yang sebelah kiri bergambar bintang merah dan tulisan Rusia yang berbunyi 'Perestroika". Walaupun kedua jam ini sudah cukup tua, tapi kondisinya masih sangat bagus!

Sebelum acara GTG ini berlangsung, ada beberapa jam yang sangat ingin saya lihat secara langsung. Salah satunya adalah ini: LONGINES Military dari perang dunia ke-2. Longines ini diproduksi tahun 1952-1954 dan merupakan jam resmi bagi tentara Inggris pada saat itu. Desain Longines ini berbeda dengan desain jam militer lain dalam periode yang sama, karena desain casing dibuat lebih besar sekitar 37mm tanpa crown. Jarum menggunakan model 'kepala cobra' dan matte dial yang semuanya masih jelas terbaca. Tipe ini diyakini sebagai salah satu jam militer otentik yang banyak dicari oleh penggemar jam militer antik karena sejarah dan keberadaannya yang sangat jarang.

Jam di bawah adalah salah satu jam yang saya sukai dari segi desain dan konstruksinya. SINN U2 yang merupakan pengembangan dari versi pendahulunya U1. SINN U2 ini merupakan jam diver untuk kedalaman 2000m dan memiliki feature GMT. Apa yang membuat saya suka dengan jam ini? pertama dalah karena desainnya yang semuanya berwarna titanium, jadi tidak menyolok seperti kalau dibuat dengan bahan steel. Kedua, adalah desain dial yang menurut saya cukup sederhana dan memiliki ciri khas. Dan ketiga, tentu saja konstruksi jamnya yang sangat kokoh dan mantap saat dikenakan.


OMEGA dibawah adalah salah satu Omega memomatic tercantik dan termulus yang pernah saya lihat. Warna dominan abu-abu dan kombinasi jarum detik orange membuat para penggemar Omega antik selalu mencari OMEGA Memomatic dengan variasi dial seperti ini. Sungguh sulit untuk bisa mendapatkan sebuah Memomatic dengan kondisi seperti ini. Penunjuk waktu alarm tidak ditunjukkan dengan jarum melainkan lempengan disk. Dan uniknya, penunjuk alarm tidak hanya 'jam' saja tapi juga 'menit'. Penunjuk alarm untuk menit ditunjukkan dengan 2 garis bewarna orange. Jadi dengan Memomatic ini kita bisa atur jam agar berbunyi pada pukul 02.10...!

Seorang rekan, Bung Iim datang dengan koleksi "mini Me" nya dan semuanya dipakai di satu tangan! ketiga jam itu adalah Breitling triple date moonphase, Omega bumper edisi awal sub second dan sebuah jam dengan enamel dial yang unik.

TISSOT dibawah ini merupakan salah satu jam Tissot vintage sport yang termasuk sulit untuk ditemukan, terutama dalam kondisi yang masih bersih dan bagus seperti ini. TISSOT ini menarik karena dialnya atraktif dan colourful. Selain itu bentuk casingnya juga unik karena bulat cenderung lonjong dengan tanpa lugs seperti halnya jam biasa. Movement menggunakan manual winding chronograph produksi dari Lemania, yang dikenal tangguh dan banyak dipakai oleh produsen jam ternama.

Well..well..welll..speechless waktu saya melihat jenis seiko yang satu ini! dikenal dengan nama Seiko "Tuna" karena mungkin desainnya mirip kaleng tuna (?). Jam-jam seiko diver ini bukan jam diver sembarangan karena dibuat dengan sangat baik, hanya untuk konsumsi domestik Jepang dan dengan ketangguhan yang teruji. Emperor Tuna merupakan jam diver 1000m dengan movement automatic sedangkan Darth Tuna adalah seiko diver quartz. Dimensi seiko ini besar, tapi saat dipakai masih terlihat pas dan nyaman.


OMEGA Speedmaster Moonwatch adalah salah satu jenis Omega yang paling banyak dikoleksi oleh para pecinta jam antik karena Moonwatch adalah salah satu jenis klasik dan iconic dari merek ini. Kebetulan pada acara GTG ini ada beberapa speedmaster dari 3 generasi yang berbeda yang berhasil dikumpulkan, yaitu Speedmaster cal.321, pre moon cal.861 dan moonwath cal.861. Semua jam ini masih dalam keadaan yang bagus dan original.

OMEGA jenis lain yang juga merupakan incaran para penggemar Omega adalah Omega Flight master yang didesain omega memang untuk para pilot pada tahun 70-an. Kedua FM yang ada pada GTG masih dalam keadaan bagus. Keberadaan Omega FM semakin sulit ditemukan terutama dalam keadaan yang masih bagus dan original.


Sekarang kita lihat ROLEX. Jenis ROLEX yang masih banyak ditemukan dan juga disukai oleh banyak orang untuk dikoleksi adalah ROLEX GMT 1675. GMT satu-satunya yang ada pada GTG kali ini adalah milik Bung Reza. Kondisi 1675 ini masih sangat bagus dengan casing yang sepertinya belum pernah dipoles. Dial juga bersih. Salah satu hal yang banyak membuat para penggemar Rolex semakin tertarik adalah desain bezel-nya yang warnanya sudah mulai memudar dengan merata dan cantik. Warna bezel seperti ini sangat sulit didapat. jam ini masih memiliki box original.
Rolex dibawah adalah Rolex day-date solid 18K White gold yang disinyalir jauh lebih sulit didapat daripada yang versi 18K yellow gold, apalagi dalam kondisi yang masih sangat baik seperti ini. Disampingnya adalah Rolex date ref.6530 yang memiliki jarum model pedang, jarum detik blued steel dan tanggal yang menggunakan warna berbeda. Kondisi dial sudah menua tapi masih terlihat cantik!

Rolex Royal dibawah adalah jenis Rolex paling mungil dalam GTG kali ini. Jam ini sudah sangat tua dan sebenarnya jam ini adalah jam laki-laki. Tapi pada era awal tahun 50-an atau akhir 40-an rata-rata jam pria memiliki dimensi yang kecil seperti ini, sekitar 32mm. Jarum, dial dan crown masih original dan masih terlihat cantik walaupun uzur.

Dua jam chronograph antik di bawah ini merupakan contoh jam sport antik yang nggak akan bakalan sering anda lihat sehari-hari. Sebelah kiri adalah sebuah ROYCE manual winding chronograph dengan warna dial yang unik, coklat kemerahan. Sedangkan sebelah kanan adalah sebuah TITUS manual chronograph dengan kondisi yang masih sangat bagus dan memiliki dial berwarna biru. Kedua jam ini masih berjalan normal dan terawat baik.

GTG hari ini rencananya akan selesai sampai pukul 14.00, tapi masih banyak rekan yang tetap berkumpul sampai sore karena acara seperti ini memang tidak setiap saat bisa dilakukan. Beberapa rekan juga baru muncul selewat jam 14.00. GTG selanjutnya kemungkinan akan dilakukan di Bandung, waktu kegiatan masih belum ditentukan.

SALAM KRONOMETRO!

Kamis, 25 November 2010

Bagaimana Memahami Bisnis Internet Yang Sesungguhnya

Meningkatnya jumlah pemakai internet di Indonesia baik yang menggunakan dengan komputer pribadi/PC maupun dengan ponsel pintar (smart phone) yang kini sudah mencapai 45 juta orang atau sekitar 13 % dari populasi penduduk indonesia (survey bulan Juni 2010 Kominfo), meng-indikasikan adanya peluang yang terbuka lebar di bisnis internet. Angka ini juga membuka peluang usaha bagi pelaku bisnis online untuk menjaring konsumen dari bisnis di dunia offline ke dunia maya.

Bisnis internet sesungguhnya sama dengan bisnis offline yang mengandalkan kepada modal dan adanya cash-flow atau uang yang mengalir dari modal ke untung, maupun sebaliknya. Namun pengertian bisnis internet itu sendiri banyak orang yang salah faham akan bagaimana untuk memulai dan menjalankannya.

Banyak orang yang mengira bahwa dengan memulai bisnis internet, kita akan memiliki bisnis yang murah meriah dan hanya bermodalkan sedikit uang, namun pada kenyataannya banyak orang-orang yang gagal dengan menerapkan teori diatas ketika mereka menjalankan bisnis internet.

Untuk bisnis internet skala kecil, misalnya saja dengan mengikuti program PTC (Paid To Click) di Klik Aja Deh (KAD), Idr-clickit, ataupun Flazh, dan masih banyak lagi program PTC lainnya, anda tentunya akan mengeluarkan modal yang tidak sedikit untuk biaya koneksi internet, bukan?.

Jika anda serius dan professional untuk mengejar 1 (satu) model bisnis (PTC misalnya), maka tidak menutup kemungkinan anda bisa menjalankan bisnis ini dengan baik. Artinya anda akan menutup modal biaya koneksi dengan earning yang akan anda dapat dan masih terdapat keuntungan yang didapat.

Namun jikalau anda berfikiran bahwa bisnis internet adalah sebuah bisnis gratisan dan murah, mungkin sudah waktunya anda merubah paradigma ini, karena sesungguhnya bisnis internet yang ideal adalah bisnis yang memiliki sebuah teknik pemasaran yang baik yang bisa anda ciptakan dengan sebuah nama produk/domain pribadi yang men-citrakan nama produk anda, sehingga dengan demikian konsumen akan tertarik untuk membeli produk anda.

Dari domain tadi, kita pasti sudah mengindikasikan bahwa ada modal disana, yaitu untuk membeli domain serta perpanjangan-nya dan hosting untuk meng-online-kan domain kita tadi.

Contohnya untuk studi kasus bisnis minisite amazon saya, saya harus banyak-banyak memesan domain untuk memasang jaring konsumen yang akan membeli lewat toko online saya, kemudian dengan banyaknya domain tadi, maka saya pun harus pintar-pintar memilih hosting mana yang akan saya pilih untuk "rumah" domain-domain saya nantinya. kemudian memilih hosting yang berkualitas dan terjaga ke-tangguhannya agar bisa online 24 jam dengan minimal waktu maintenance.

Jadi jika anda ingin serius untuk bisnis internet, fahamilah bahwa bisnis internet memang memerlukan modal, dan modal itu tidak sedikit, namun bukan berarti bisnis internet cuma menghabiskan uang saja, jika anda pandai dan cermat mengatur dan me-manage sumber modal anda dengan baik dan benar, artinya anda faham bagaimana memilih dan membeli domain dengan benar, menyewa hosting yang bagus serta membuat teknik SEO untuk toko online anda sehingga tampil di halaman pertama Google, maka semua modal yang sudah anda keluarkan tidak akan sia-sia, sekali lagi saya katakan tidak sia-sia atau mubazir sedikit pun.

Jadi sekarang keputusan ada di tangan anda, ingin bisnis internet yang main-main atau bisnis internet yang serius?..

Semoga bermanfaat.

Selasa, 23 November 2010

Ini Dia 5 Fakta Internet Marketing Yang Perlu Anda Ketahui...!

Internet marketing adalah profesi yang memberikan informasi kepada calon pembeli/prospek yang sedang mencari sebuah informasi atau produk yang ada di internet/lewat media internet sehingga pada akhirnya prospek tadi membeli atau mendapatkan apa yang dia butuhkan. Seorang internet marketer harus mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan pasar dan semua aspek yang ada didalamnya, termasuk pengetahuan tentang apa itu market, micro niche, product, traffic, keyword research, conversion, web design dan SEO. Masih bingung?, oke kita kupas semua yang berhubungan dengan internet marketing disini.

1. Market/pasar

ada beberapa penjelasan yang singkat tentang apa itu market :
- Market adalah sekumpulan orang yang memiliki keinginan atau hasrat yang sama untuk sebuah produk tertentu/niche.
- Market juga adalah orang-orang yang mempunyai kapasitas untuk membayar (dengan kartu kredit, Paypal, transfer bank, dll.)
- Market atau pasar adalah sebuah gerakan yang di termotivasi untuk "membeli" sesuatu untuk memuaskan kebutuhan mereka.

Jadi untuk bisa bersaing di bidang internet marketing, maka anda harus tentukan dulu, dimana market yang akan anda pilih. Tentunya akan ada banyak market yang "berseliweran" di internet, jadi jangan takut kehilangan market anda untuk menjual sebuah produk di internet, asal kita mau belajar untuk mendapatkan "niche" bisnis anda.

2. Micro niche/ceruk pasar

Niche atau biasanya di sebut ceruk pasar, artinya adalah definisi market yang lebih simpel lagi atau lebih terfokus lagi, misalnya jika anda membidik market resep masakan indonesia, maka anda bisa tentukan niche dengan topik "nasi uduk betawi", atau "telur sambel balado" atau yang lebih spesifik lagi.

coba kalau kita bandingkan dengan off-line marketing, ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis offline.

Yang pertama adalah sangat susah sekali dan mahal (relatif sih...) menentukan niche dalam offline marketing, karena kita harus menentukan topik jualan kita, misalnya kita mau jualan televisi, khan otomatis kita musti punya toko dulu, lalu ngurus ina-ini (tetek bengek:red) agar toko bisa mulai dagan, belum lagi musti promo dulu di pameran dan sebagainya, tentu akan membuang banyak biaya bukan?.

3. Keyword/kata kunci

Di internet marketing, orang pasti akan mencari sesuatu dengan mengetikkan keyword/kata kunci yang mewakili hasrat mereka untuk menemukan sesuatu yang mereka cari.

Oleh karena ada beberapa keyword atau kata kunci yang sering dicari oleh orang, maka kata kunci tadi menjadi sangat berharga dan bernilai mahal, dan semakin banyak pula website-website/blog yang menggunakan kata kunci tadi, sehingga memperbesar kompetisi dalam search engine untuk kata kunci tersebut.

Ada beberapa level untuk kata kunci yang sering orang cari di search engine :
- diatas satu juta saingan, level ini disebut dengan kata kunci pasar luas (Mega Market Keyword) artinya banyak sekali website yang menggunakan sebuah kata kunci, sehingga sangat sulit untuk membidik konsumen.
-saingan dengan jumlah 30 ribu sampai satu juta webpages. Level ini disebut dengan niche keyword, atau kata kunci yang menguntungkan atau ada pasar-nya.
-Dibawah 30 ribu, nah untuk saingan yang berjumlah dibawah angka ini, anda akan menemukan pasar yang bagus artinya anda berada pada level "micro-niche keyword".

4. Product


Untuk produk bagi sebagian IM-er memang tidak sulit untuk dicari atau dibuat sendiri. Ada beberapa cara untuk membuat produk sendiri, diantaranya adalah dengan membuat ebook atau video tutorial dengan menggunakan Software Camtasia atau sejenisnya.

Namun sebagian besar Im-ers menjual produk orang lain ketimbang produknya sendiri (contohnya saya ini, jualan dari amazon untuk produk kamera> dan televisi HDTV. Karena selain mudah mendapatkan akses untuk "menjual" kita juga akan memiliki produk yang tidak bakal habis (out of stock).

5. Traffic/pengunjung


Namanya juga toko online, jadi harus ada pegunjung yang datang ke toko kita, agar terjadi pembelian. Traffic atau kunjungan calon pembeli ke toko kita harus kita "generate" sebanyak-banyaknya agar terjadi conversion yang menguntungkan, artinya dari sekian banyak pengunjung, harus terjadi penjualan.

Oleh karenanya design website yang menarik sedikit banyak berpengaruh kepada conversion yang terjadi, jadi jangan asal dalam men-design website online kita. harus se-menarik mungkin, agar pengunjunga/calon konsumen betah dan mau kembali mengunjungi web kita.

Semoga bermanfaat.