Rabu, 23 Desember 2009

OMEGA Seamaster Rose Gold Capped

Entah sudah berapa bulan saya tidak pernah lagi menjumpai omega antik dalam kondisi yang bagus (menurut standar saya), entah memang kondisi bagus itu sulit dijumpai atau karena semakin banyak penikmat dan pemburu jam antik sehingga jam-jam omega (dan merek lainnya) semakin sulit untuk bisa didapat. jadi informasi sekecil apapun mengenai keberadaan omega yang baik dan bersih akan selalu di follow up. Seperti halnya pada suatu siang minggu lalu. Sebenarnya informasi keberadaan omega ini sudah saya terima beberapa hari sebelumnya namun karena masih berada diluar kota, akhirnya saya minta teman saya tersebut untuk menyimpannya untuk saya.

Omega ini adalah Seamaster date yang menggunakan automatic movement Cal.503. Yang membuat saya deg-degan adalah Omega ini ternyata memiliki dial hitam dan finishing rose gold capped yang masih dalam kondisi sangat baik. Bagi saya, kombinasi warna rose gold dan hitam sungguh indah, mewah sekaligus elegan.

Semua komponen dan tulisan pada dial berwarna rose gold, dari mulai indeks batang, logo, jarum (jam, menit dan detik) serta tulisan semua berwarna sama. Tidak seperti seri 503 lain yang saya miliki, bentuk jarum jam ini berbeda. Bentuknya lebih formil dan sederhana. Jarum jam ini juga terbuat dari rose gold dan biasanya memang digunakan hanya pada tipe-tipe jam solid gold atau gold capped sejak tahun awal 60-an. Untuk yang berwarna silver mulai banyak digunakan pada tipe-tipe de-ville dan constellation pada tahun 70-an. Bentuk jarum jam yang lazim bagi Omega 503 terutama generasi-generasi awal adalah dauphine hands atau jarum berbentuk tombak.

Salah satu ciri khas jam Omega dengan heavy lugs (lugs yang berdesain gemuk) dari tahun 50-60an adalah bentuk crown yang tidak bulat sempurna tapi berlekuk-lekuk. Ada yang bilang crown ini namanya kenop model belimbing. Bentuknya agak besar dan tebal, sesuai dengan desain lugs yang gemuk. Crown ini juga berlapiskan rose gold dan dalam kondisi yang sempurna. Mika jam masih original Omega dan logo Omega yang berada di tengah-tengah mika masih bisa dilihat dengan jelas tanpa bantuan kaca pembesar. Kondisi mika secara umum masih bagus dan belum terlihat goresan yang dalam.

Caseback masih terlihat bagus dan logo sea-monster masih terlihat tegas sebagai bukti belum terkena polesan mesin yang bisa membuat embossed logo menjadi tipis. Movement dalam keadaan baik, namun ada berkas-berkas kotor yang belum sempat dibersihkan seperti terlihat pada bandul rotor.

Diameter jam ini tidaklah besar hanya sekitar 35mm tidak termasuk crown. Karena itu mungkin tidak cocok dipakai oleh orang yang berlengan besar. Omega ini terlihat begitu klasik dan menarik terutama setelah lapisan rose goldnya di bersihkan dengan menggunakan bedak Fanbo, yang dapat membuat kilau emas menjadi lebih cerah. Jarang sekali saya menemui jam Omega dengan dial hitam dan kombinasi rose gold. Seorang rekan pernah memiliki jam yang mirip dengan tipe Constellation. Sungguh cantik connie dengan rose gold dan dial hitam dan menurut saya very are! karena itu tidak heran teman saya tersebut menyesal telah menjualnya ke orang lain dan kini dia rela membeli kembali jam cantik itu dengan harga 2 kali lipat!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.