Rabu, 11 Agustus 2010

Cara Membuat Label (Kategori Artikel)


Memang benar, tentu dengan adanya label (kategori artikel) ini dapat mempermudah kita, khususnya pengunjung blog untuk mencari tema artikel mana yang akan dibaca. Di Blogger fasilitas ini memang sudah tersedia dari dulu, akan tetapi jika kita tidak bisa mempergunakan fasilitas tersebut, maka akan menjadi tidak berguna.

Untuk membuat kategori artikel di Blogger dikenal dengan istilah Label. Dengan failitas ini kita selaku pemilik blog hanya tinggal mengisi kotak label yang disediakan pada setiap postingan artikel kita, sangat simpel dan sederhana sekali.

Agar tidak membingungkan, silakan coba Anda lihat pada akhir postingan artikel ini! Disana ada tulisan seperti ini, Categories: Tutorial Blogging, Tips dan Trik Blogging. Nah, berarti postingan ini termasuk ke dalam dua kategori, yaitu kategori Tutorial Blogging dan kategori Tips dan Trik Blogging. Untuk melihat fungsi dari label ini, silakan Anda klik label atau category yang bertuliskan Tutorial Blogging, maka secara otomatis seluruh postingan yang saya beri label atau category Tutorial Blogging akan ditampilkan dan siap untuk dibaca oleh pengunjung.

“Bagaimana cara membuat Label itu?”

Untuk membuat sebuah label atau kategori itu, Anda tinggal mengisi kotak kosong di samping tulisan Label untuk postingan ini: (karena sekarang sudah ada Blogger yang berbahasa Indonesia) yang berada di bawah kotak tempat membuat artikel. Isi kotak tersebut dengan kategori yang kira-kira cocok untuk postingan yang kita buat. Contoh: liburan musim panas. Satu postingan tidak hanya terpatok pada satu kategori, akan tetapi satu postingan bisa mempunyai beberapa kategori. Untuk membuatnya, Anda tinggal pisahkan dengan tanda koma (,) saja, misalnya, Tutorial Blog, Tips dan Trik Blogging, Tools Blogging.

“Apakah bisa kategori kita letakkan di sidebar?”
“Dan bagaimana caranya?”

Bisa sekali! :) Kategori sangat bisa kita tempatkan atau letakkan di bagian sidebar blog kita. Dan biasanya elemen label ini sudah sudah tersedia ketika kita baru memasang template. Jika mungkin elemen label belum tersedia, maka Anda bisa membuatnya sendiri. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini! :)

  1. Login ke Blogger dulu
  2. Pilih menu Layout
  3. Klik menu Elemen Halaman
  4. Klik tulisan Tambahkan Sebuah Elemen Halaman
  5. Klik tombol yang bertuliskan Tambahkan Ke Blog yang berada di bawah tulisan Label
  6. Tulisan Labels di samping tulisan Judul bisa Anda rubah menjadi Kategori, jika Anda ingin merubahnya
  7. Pilih radio button yang sobat inginkan di samping tulisan Menyortir, Alfabetik : jika kategori ingin di tampilkan sesuai dengan abjad alfabetik (dari A → Z), Berdasarkan Frekuensi : jika kategori ingin ditampilkan sesuai dengan banyaknya label (kategori)
  8. Klik tombol yang bertuliskan Simpan Perubahan
  9. Selesai

Mudah bukan? :)

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.