Rabu, 05 Oktober 2011

Menghalau Spam

Salah satu hal yang paling menyebalkan pada saat kita beroperasi di Internet adalah banyaknya spam di e-mail yang kita terima. Bagi anda yang aktif di berbagai mailing list & berkomunikasi menggunakan e-mail di Internet maka tingkat penerimaan spam dapat mencapai lebih dari 20% dari e-mail yang masuk.

Berikut ini adalah beberapa tip praktis yang dapat digunakan untuk menghalau e-mail spam menggunakan software-software yang gratis dapat di ambil dari Internet. Bagi pengguna Windows,
  • Software favorit yang dapat digunakan adalah secretmaker yang dapat di ambil dari http://www.secretmaker.com di bagian download atau kadang suka ada juga di http://www.download.com. Cara menginstalasi secretmaker seperti cara menginstalasi software di Windows biasa & sangat sederhana. Yang perlu kita perhatikan adalah pada saat mengoperasikan ada beberapa proteksi yang disiapkan oleh secretmaker, yaitu spam & worm, spyware & intruder, profiling & tracking, dan terakhir betray & evidence protection. Jika mungkin semua fasilitas proteksi yang ada di aktifkan karena akan sangat membantu dalam memproteksi computer anda bukan hanya dari spam, tapi juga dari berbagai pop-up pada saat kita melakukan browsing di Internet. Saran saya, jangan mengoperasikan computer di Internet tanpa secretmaker.
  • Tool yang tidak kalah menarik-nya yang khusus di buat untuk menangani spam di e-mail adalah spamfu http://spamfu.net. SpamFu pada dasarnya sebuah proxy server untuk e-mail yang akan menganalisa e-mail yang masuk menggunakan spamassassin yang sering digunakan di Linux. Instalasi spamfu sama dengan instalasi software di Windows lainnya. Yang agak membingungkan adalah konfigurasi software client seperti Eudora, Outlook Express dll. Yang penting perlu di set adalah username menjadi username:mesin-pop-isp, sedang pop server yang tadinya harusnya mesin-pop-isp menjadi localhost / 127.0.0.1.
  • Bagi anda yang betul-betul paranoid dengan virus melalui e-mail, sebaiknya menggunakan software-software client yang text mode. Saya di Windows menggunakan PC-pine yang dapat di ambil dari http://www.washinton.edu/pine/ baik utk Windows maupun untuk Linux.

Bagi anda yang menggunakan Linux, maka teknik pertahanan yang dapat dilakukan dapat lebih kompleks lagi. Memang sebagian besar software pertahanan yang di perlukan dapat di ambil gratis di Internet.
  • Pertahanan spam yang tersedia di Red Hat Fedora Core 4 adalah spamassassin. Software spamassassin dapat langsung di install pada saat instalasi Red Hat Fedora Core 4. Memang tidak dapat langsung digunakan, kita perlu mengubah file /etc/procmailrc. Contoh isi file procmailrc dapat di ambil di http://spamassassin.apache.org/full/3.0.x/dist/procmailrc.example.
  • Bagi anda yang cukup ahli mengkonfigurasi Server Linux. Ada baiknya membaca-baca MailScanner yang dapat di integrasikan dengan Postfix SMTP Server, spamassassin dan clamav. Sehingga semua mail yang mengandung virus & spam akan di buang terlebih dulu. Teknik ini sebaiknya digunakan di tingkat ISP. MailScanner dapat di ambil gratis di http://www.mailscanner.info atau di http://www.sng.ecs.soton.ac.uk/mailscanner/ . Sedang Anti virus clamav dapat di ambil gratis di http://www.clamav.net. Bagi pengguna Windows yang ingin menggunakan clamav di sarankan mengambil versi Windows-nya di http://www.clamwin.com
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk mengurangi serangan spam di computer anda. Akan lebih baik jika ISP anda juga menginstalasi pertahanan menghadapi spam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.