Jumat, 21 Oktober 2011

Merakit Sendiri Power over Ethernet (PoE)

Penggunaan Power over Ethernet (PoE)sangat dibutuhkan agar menghemat space di box Client agar DC PowerSuplay tidak perlu lagi di simpan dan disatukan kedalam box, yangsangat rakus space dan pengerjaan yang tidak rapi serta berantakanyang cukup membebani tiang antenna serta meningkat tempratur dalambox tersebut yang dapat mempengaruhi umur dari Wireless Router itusendiri yang juga cukup memperbesar ukuran box tersebut.
“Bagaimana membuat kabel POEsendiri?”. Jika anda membeli POE dibutuhkan dana 300ribu hingga500ribu untuk POE itu sendiri, cukup mahal bukan?, namun jika andakreatif kenapa anda tidak membuatnya sendiri saja, bukankah haltersebut membuat anda lebih berhemat? Serta kreatifitas anda semakinmeningkat.
Kebutuhan POE sangat dibutuhkan bagianda sekalian yang ingin memasang Wireless Router yang dijadikanClient seperti Produk WRT54G/GL/GS dengan firmware dd-wrt/open-wrtatau produk lainnya dengan melewatkan Power DC Adapter ke kabelethernet/UTP tanpa perlu mengeluarkan dana tambahan. POE buatansendiri dengan WRT54G/GL/GS (dd-wrt) sebagai client dengan panjangkabel UTP 20 Meter. Hal ini sangat pasti membuat tegangan DC diujungyang lainnya menjadi berkurang, tetapi masih bisa menghidupkanWireless Router tersebut. Pengurangan tegangan DC tersebut untukpanjang kabel 20 meter sekitar 1 hingga 3 Volt tergantung kualitaskabel yang dimiliki.
POE produk Linksys diaplikasikan padawireless router Linksys WRT54GGLGS
Berikut sedikit ulasan mengenai POEberdasarkan pengalaman saya membuat kabel POE untuk mendapatkan aksesinternet di rumah saya. “
Bahan/peralatan yang dibutuhkan untukmebuat kabel POE :
  1. Connector DC Power Supply ( banyak dijual di toko elektronik Rp. 2000,-)
  2. Selang bakar (Harga Rp. 15.000,-/Meter) – (Optional) Isolasi/Selang Bakar
  3. Volt Meter/Amper Meter (Optional)
  4. Tang Crimping
  5. Kable UTP 15 hingga 20 Meter
  6. Conector RJ45
Step by step membuat kabel POEsendiri.
Isi kabel UTP 8 buah jenis kabel denganurutan dari samping kiri kekanan yaitu: “1. putih orange , 2.orange , 3. putih hijau , 4. biru , 5. putih biru , 6. hijau , 7.putih coklat , 8. coklat”
Perhatikan !!!!!!! kabel yang terpakaiuntuk membentuk jaringan LAN sebenarnya hanya dibutuhkan 4 Kabel sajayaitu : “1. putih orange , 2. orange , 3. putih hijau , 6. hijau “
Sedangkan 4 kabel lainnya “4. biru ,5. putih biru , 7. putih coklat , 8. coklat” dapat digunakan utkdialiri Listrik DC power suplly. Kabel 4 dan 5 disatukan begitu jugakabel 7 dan 8 juga disatukan.
Berikut illustrasi bergambar yang dapatlebih mudah anda mengerti :
Tapi jika ingin memperpanjang kabellebih dari 20 meter dengan menambah tegangan DC power supply adaptoruntuk perhitungan yang lebih terukur, agar tegangan yang dihasilkandi ujung kabel yang lainnya lebih akurat. Mengenai kalkulator untukkebutuhan tersebut dapat anda lihat tabel di bawah: 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.