Jumat, 17 Juni 2011

Social Bookmark Penting Untuk Blog

Ada banyak jalan untuk menarik jumlah visitor atau pengunjung blog ke blog kita. Salah satunya adalah dengan jalan mensubmit setiap artikel blog kita ke social bookmark. Saat ini ada banyak social bookmark di dunia maya. Mulai dari Digg.com, Technorati.com, Delicio.us, Facebook.com, Twitter.com, (masih banyak lagi) dan salah satu milik Indonesia adalah Lintasberita.com dan juga Infogue.com.

Namun, beberapa dari para master di luar sana berpendapat bahwa social bookmark tidak terlalu signifikan dalam memberikan backlink kepada suatu blog karena sifatnya yang nofollow alias tidak memberikan link back. Pendapat ini bisa saja benar secara teori. Tapi ada beberapa teori yang tidak terlalu baik untuk didengarkan.

Mengapa?

Prinsipnya sederhana saja, selama semua hal tersebut memberikan dampak positif bagi kelangsungan petumbuhan blog kita kenapa harus dihentikan. Jujur, saya sendiri tidak terlalu memusingkan jenis backlink. Yang pasti, blog yang sudah mensubmitkan postingan blognya ke social bookmark akan lebih mantab dibandingkan dengan blog yang tidak mensubmitkan artikel ke social bookmark. Buktinya, social bookmark tidak pernah sepi pengunjung kan. Beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa social bookmark adalah bagian penting dari SEO dan link building suatu blog.

Rata-rata social bookmark yang baik memiliki index page yang cukup banyak, memiliki high pagerank, dan alexa ranking yang tinggi pula. Sistem pemetaan konten pada situs social bookmark berdasarkan tag pun diminati oleh banyak orang, tak terkecuali untuk search engine seperti Google, dkk.

Berdasarkan pengalaman pribadi di lapangan, social bookmark sangat ampuh untuk mempercepat proses peng-index-an sebuah postingan yang baru saya di-publish. Selain itu, dengan mensubmit postingan seputar topik-topik yang lagi hot dan menarik di social bookmark, maka hadiah traffic pun akan kita dapatkan. Fenomena ini sangat dekat dengan kita, terutama di Lintas Berita ya..

Jadi, sebagian teori ada baiknya untuk kita telaah dulu sebelum terlanjur melakukan hal yang seharusnya kita lakukan. Social bookmark penting untuk blog, terutama dalam mencari jumlah visitor, backlink, serta membangun link building. Jadi, lakukanlah selagi itu positif!

Semoga bermanfaat ya..

Eittss.. Jangan terkecoh! Social bookmark juga bisa berbahaya lho! Mau tau?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.