Kamis, 24 Februari 2011

Bagaimana Saya Membangun Pertahanan SEO Untuk Blog Ini?

Belajar SEO Blogspot – Setelah kemarin update tentang template, saya dalam postingan kali ini akan berbagi kembali kepada sobat tentang apa yang disebut pertahanan SEO. Isitlah pertahanan bukan hanya ada di luar ilmu SEO seperti militer atau yang lainnya. Dalam SEO pun ada yang disebut pertahanan, yaitu pertahanan SEO.

Sesuai dengan makna apa itu pertahanan, yang dimaksud pertahanan SEO itu tidak jauh-jauh beda dengan apa yang menjadi arti daripada pertahanan itu sendiri. Pertahanan SEO dilakukan untuk bisa tetap bertahan dari gempuran para kompetitor handal di luar sana. Entah itu dalam kompetisi keyword abadi maupun keyword harian, kompetitor tidak akan pernah sepi. Ada yang menggunakan cara natural, ada pula yang menggunakan cara instant melalui copas manual, auto feed dan semacamnya. Ketika kita di hadapkan dengan situasi seperti itu, tentu bagi sebagian orang akan merasa sangat kesulitan bersaing. Bahkan, tidak jarang SERP bagus yang telah didapat dalam sekejap hilang dari 100 besar. Oleh karena itu, ada baiknya kita membangun pertahanan SEO yang solid bagi blog yang di urus.

Dalam konteks ini, saya melakukan apa yang tertulis di bawah ini untuk tetap membangun pertahanan SEO terhadap blog doodey ini. Berikut yang dimaksud :

  1. Bangun backlink sebanyak mungkin untuk homepage. Sangat disarankan backlink berasal dari pingback yang dilakukan berulang-ulang dari blog lain dan bukan backlink hasil dari blog commenting atau semacamnya. Tetapi jika tidak memungkinkan, ya apa boleh buat. :D
  2. Bangun backlink untuk internal page dengan cara di atas. Khusus bagi para pengguna wordpress, kategori sangat penting untuk diberikan backlink dalam membangun pertahanan SEO. Selanjutnya bisa diteruskan pada single post atau tag.
  3. Jika 2 cara di atas masih belum ampuh, sering-seringlah mengedit konten supaya tidak ada duplicate content dari blog lain. Dan tentunya juga harus unik daripada yang lain. ;)

Itulah beberapa hal yang masih sangat dasar untuk tetap membangun pertahanan SEO terhadap blog bagi saya pribadi. Mungkin sobat punya cara tersendiri dalam hal ini. Dan percaya atau tidak, dasar untuk membangun SEO yang baik adalah dengan melakukan cara yang di atas. Jika mau, silakan tambahkan dengan yang lain.. Marilah berbagi :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.