Selasa, 15 Februari 2011

Bagaimana Sebaiknya Menulis Title Pages untuk Search Engine?

Belajar SEO Blogspot – Sudah lama banget nih rasanya blog doodey gag update-update, entah karena kegiatan offline saya yang rada-rada buat saya sibuk akhir-akhir ini. Akan tetapi saya akan tetap selalu ingat untuk membagikan tips-tips seo kepada sobat pembaca seperti tips yang satu ini, yaitu bagaimana sebaiknya menulis title pages untuk search engine.

Seperti apa yang kita ketahui bahwa search engine menjadikan title page sebagai salah satu acuan penting dalam menentukan relevan atau tidaknya sebuah halaman. Title pages ini kasarnya merupakan judul dari sebuah halaman, jadi seharusnya sebuah judul mencerminkan isi content halaman tersebut.


Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan masalah penulisan title pages yang baik untuk search engine adalah:

1.      Jumlah Karakter

Dari sumber yang saya baca title page sobat optimal 80 karakter bila dioptimasi untuk google dan untuk yahoo berkisar 115 karakter. Maksudnya optimal adalah jika melebihi dalam batas wajar, tidak akan berakibat buruk, tapi tentu saja diperhitungkan density dari title sobat, mungkin akan lebih baik jika menggunakan makssimal 80 karakter saja.

Sementara setelah saya lakukan percobaan, google hanya menampilakan maksimal 65 karakter dalam SERP-nya, dan yahoo sekitar 115 karakter dengan spasi dan tanda baca. Dari sini juga saya menemukan, bahwa title page setelah karakter ke 65 dari google tidak terlalu membantu, dalam kasus ini ada sebuah situs yang terlisting no 1 di google dengan keywords “tidak saya sebut”. Situs ini memiliki title yang lebih dari 65, saya tambahkan keyword dengan “di indonesia” (keywords ini ada di posisi setelah karakter ke 65).  Ternyata, situs ini bahkan dikalahkan  oleh situs yang  dalam halamannya tidak ada sama sekali keyword “indonesia”.

Sebagai catatan kedua situs memiliki pagerank 4.  Dari  sini saya menyimpulkan title  setelah  karakter  ke-65 lebih kecil pengaruhnya daripada inbound text link. (Situs kedua yang tidak memiliki keywords “indonesia“  di dalamanya  kemungkinan  terlisting karena  memiliki inbound text link “indonesia“).

2.      Jangan menggunkana kata-kata yang di-filter oleh search engine

Untuk situs yang berbahasa “english”, kata seperti is, are dll sebaiknya tidak disertakan dalam title. Sedangkan untuk situs berbahasa indonesia, sepertinya tidak terlalu berpengaruh, karena setahu saya sekarang, kata “yang” , “dan” dsb tidak di-filter search engine.

3.      Buang kata-kata yang tidak berguna

Kata seperti seperti ”selamat datang di situs kami”, dsb lebih baik tidak disertakan.

4.      Kurangi penggunaan separator

Kalau memungkinkan jangan karena memiliki title yang panjang terus ditambah separator, akhirnya jumlah karakter melebihi jumlah karekter maksimal yang disarankan.

Dalam pemilihan title juga tidak lepas dari bagaimana memilih keywords yang baik. Dan jangan lupa dalam konten sobat memiliki density yang bagus dari judul / title yang sobat pilih.

(bayumukti.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.