Jika Anda ingin membuat niche blog yang akan dimonetisasi dengan Google Adsense atau afiliasi, keempat model ini penting Anda ketahui. Mengapa? Pertama, dengan mengetahui model niche blog yang akan dibuat, Anda bisa memperkirakan berapa anggaran yang harus dikeluarkan. Kedua, Anda bisa memperkirakan berapa waktu yang Anda perlukan untuk mengelola niche blog yang akan dibuat tersebut.
Terlepas dari itu, berikut adalah tabel keempat model niche blog beserta contoh topik-topiknya.
Whole-niche | Broad-niche | Themed-niche | Micro-niche |
Home | Home improvement | Kitchen remodeling | Kitchen cabinets |
Food and Drink | Health beverages | Tea | Green tea |
Health | Hair loss | Hair loss products | Rogaine |
Exercise | Fitness programs | Yoga | Tantric yoga |
Electronics | Computers | Laptop computers | Dell laptop computers |
Business | Home based business | Online business | eBay |
Penjelasan singkat keempat model tersebut bisa Anda lihat di bawah ini.
1. Whole-niche
Model whole-niche adalah blog yang membahas seluruh jangkuan topik. Misal, Anda memilih topik rumah. Cakupan rumah yang Anda bahas menyeluruh, mulai dari rumah bagian luar sampai rumah bagian dalam. Karena itu, blog Anda bisa memiliki ribuan artikel.
Model ini menguras dompet Anda jika semua artikelnya dibuatkan orang lain. Jika pun Anda membuat sendiri artikelnya, waktu yang Anda butuhkan akan banyak sekali karena blog model ini biasanya di-update tiap hari (sehari bisa 5-10 artikel).
Model ini tidak cocok bagi Anda yang pemula di niche blog dan beranggaran sedikit. Selain itu, model ini juga susah bersaing dengan blog atau situs otoritas yang sudah ada.
2. Broad-niche
Broad-niche adalah blog yang cakupan topiknya luas, namun tidak menyeluruh. Jika Anda memilih topik rumah, model blog ini membahas mengenai bagaimana meningkatkan fungsi rumah (home improvement), misalnya dekorasi kamar tidur. Dengan kata lain, rumah yang sudah ada dipercantik lagi.
Sama seperti model nomor satu, broad-niche juga membutuhkan anggaran waktu dan biaya yang besar. Tidak cocok bagi Anda yang beranggaran mepet.
3. Themed-niche
Themed-niche adalah blog yang pembahasan topiknya sudah mengarah ke satu bidang. Misal, topik Anda adalah rumah, maka pembahasan Anda hanya menyangkut dapur saja. Ini bisa berupa desain-desain dapur sampai bagaimana meningkatkan dan memperindah fungsi dapur.
Model ini dikenal juga sebagai “mini-authority site”. Sepanjang yang saya tahu, jumlah artikelnya berkisar 50-100. Namun, ada juga yang jumlah artikelnya ratusan.
Dari sisi anggaran blog model ini tidak “menguras” isi dompet Anda. Dari sisi waktu pengelolaan, model ini tidak membutuhkan banyak update. Bila sudah masuk Top 10 Google, pemiliknya biasanya tidak menyentuhnya lagi. Ini lazimnya di sebut set and forget.
4. Micro-niche
Micro-niche adalah blog yang cakupan topiknya sangat sempit. Misalnya, bila Anda memilih topik rumah, cakupan model ini hanya membahas kabinet-kabinet dapur saja.
Model niche blog ini umumnya berisi 5-50 artikel. Bahkan, ada juga yang mengisinya dengan satu artikel saja. Karena kata kunci yang dibidik umumnya long tail keywords sehingga model ini relatif mudah mengalahkan blog-blog otoritas di hasil penelusuran mesin pencari. Selain itu, dari sisi anggaran dan waktu, model ini cocok bagi Anda yang baru terjun dan beranggaran terbatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.