Jumat, 20 Januari 2012

Memilih Domain Berbayar untuk Niche Blog: 5 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan

Katakanlah Anda sudah memilih model niche blog dan menemukan kata kunci yang hendak dibidik. Langkah selanjutnya adalah memilih domain untuk niche blog tersebut. Berbicara mengenai domain, pastinya akan mengarah ke domain berbayar dan gratisan (ekstesi .co.cc, blogspot, dan sebagainya).

Secara pribadi saya lebih suka dengan domain berbayar. Mengapa? Selain lebih profesional, niche blog berdomain berbayar sangat bagus untuk dijual di kemudian hari.

Jika Anda memiliki pemahaman seperti saya, berikut adalah 5 hal penting yang harus Anda perhatikan saat memilih domain berbayar untuk niche blog Anda.

1. Mengandung kata kunci utama yang dibidik

Apa jadinya bila Anda menembak kata kunci home decorating, namun domain yang Anda pilih adalah simelekete.com? Ada dua kemungkinan. Pertama, niche blog Anda akan susah menembus Top 10 Google.com untuk kata kunci tersebut. Yang kedua, Anda bisa saja menembus halaman 1 Google asal Anda memiliki dana besar untuk link building.

2. Ekstensi .com, .org, dan .net

Para spammers dan pecinta blog AGC biasanya membeli ekstensi .info sebanyak mungkin karena murah harganya. Blog-blog yang mereka buat itu tentunya berkualitas rendah dan membuat pengunjung kecewa sehingga kapok berkunjung. Di kemudian hari, besar kemungkinan para pengunjung ini akan enggan berkunjung lagi ke blog berekstensi .info karena mereka berasumsi blog-blog tersebut tidak berguna (seperti yang mereka temukan sebelumnya).

Jika hal ini tidak ingin terjadi pada niche blog Anda, maka Anda mesti memprioritaskan ekstensi .com, .net, atau .org. Sebagai contoh, jika Anda memilih kata kunci cheap loans for student, maka Anda harus memilih cheaploansforstudent.com/.net/.org.

3. Akhiran atau awalan

Domain yang persis kata kunci (exact match domain/EMD) biasanya sudah tidak tersedia. Anda tidak perlu bingung dengan keadaan ini karena Anda bisa menambahkan akhiran atau awalan pada domain yang hendak dibeli. Daftar akhiran dan awalan yang baik Anda gunakan bisa di lihat di 200 Prefixes and Suffixes for Domain Names.

Sebagai contoh, bila cheaploansforstudent.com/.net/.org tidak tersedia, maka alternatifnya bisa berupa:
  • cheaploansforstudentcenter.com/.net/.org (contoh penggunaan akhiran)
  • bestcheaploansforstudent.com/.net/.org (contoh penggunaan awalan)

Jika kata kunci mengandung maksimal tiga kata, Anda bisa menambahkan kata sambung. Misalnya, kata kunci weight loss programs yang bila ditambahi kata sambung berikut ini:
  • weight-loss-programs.com/.net/.org
  • weight-lossprograms.com/.net/.org

Jika kata kunci itu mengandung lebih 3 kata, hindari menggunakan kata sambung. Lebih baik menambahkan akhiran atau awalan.

4. Nama produk dan nama perusahaan

Ada banyak kata kunci yang mengandung nama produk dan perusahaan. Anda sebaiknya menghindari membeli domain yang mengandung dua nama tersebut. Misal, toyotasmallcars.com/.net/.org dan panasoniclcdtvs.com/.net/.org. Hal ini untuk menghindari penuntutan oleh pemilih produk atau perusahaan di kemudian hari.

5. Penyedia domain

Ada banyak penyedia domain. Anda harus memilih yang terbaik dari mereka berdasarkan kualitas layanannya. Jangan sampai domain Anda dibajak atau dicuri oleh penyedia domain tersebut.

Jika Anda bingung memilih penyedia domain yang bagus, silakan coba Name Cheap. Ini adalah tempat favorit saya membeli domain karena harga relatif murah, pelayanan pelanggan OK, free WhoisGuard protection tahun pertama, dan transfer DNS yang cepat (tidak menunggu 24 jam).

Semoga kelima hal di atas membantu Anda memilih nama domain berbayar untuk niche blog Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.