Sabtu, 13 Agustus 2011

Menjaga Stabilitas Iman di Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan dimana kita disuruh untuk berlomba-lomba dalam kebajikan dan amal baik. Tingkat keimanan adalah sesuatu yang sangat penting dalam menjalani ibadah puasa saat ini. Terkadang kita merasa iman kita sangat kuat ketika awal bulan Ramadhan namun ketika menjelang pertengahan dan akhir bulan, mulai banyak gangguan dan cobaan yang menggoda iman kita untuk mulai surut dalam ibadah di bulan Ramadhan. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menjaga stabilitas iman di bulan Ramadhan?.

Jujur, saya pribadi mulai merasakan begitu beratnya ibadah dalam bulan ini, namun jika kembali teringat bahwa bulan ini adalah bulan dimana segala amal kebaikan kita dibalas dengan pahala yang berlipat-lipat, maka timbul semangat untuk kembali beribadah sebanyak-banyaknya.

Hubungannya dengan bisnis bagaimana?, untuk bisnis di rumah yang sedang kita jalankan ada baiknya kita kurangi frekuensinya, artinya kegiatan "ngalong" pada malam hari untuk mencari recehan dollar bisa kita ganti pada siang hari, karena malam hari kita ganti dengan ibadah yang ter-khusyuk yang pernah anda jalankan.

Apalagi sebagai karyawan yang sedang merintis bekerja dari rumah, selepas pulang dari kantor, kegiatan bisnis di ruma ini sangat minim sekali kesempatannya untuk dijalankan.

Iman seseorang dipengaruhi oleh suasana hati/qolbu, dimana kalau hati kita tenang, maka Insya Allah iman akan menjadi terang benderang. Lalu bagaimana cara agar hati selalu tenang?, Shalat, Sedekah, dzikir dan membaca Al-Quran adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan agar mendapat hati tenang.

Semua itu bisa kita lakukan dengan baik pada bulan yang penuh berkah ini. Shalat, sedekah, dzikir dan membaca Al-Quran serta semua hal-hal baik akan membuat hati kita semakin tenang dan membuat iman kita semakin kuat.

Namun kita jangan menyesal, sebab percaya kalau di bulan Ramadhan ini kita ganti aktifitas blogging maupun im-ers kita, pasti Allah Swt pasti akan mengganti waktu kita yang dipergunakan untuk beribadah dengan hal-hal baik untuk kita. Jadi "kurangi" aktivitas ngeblog dan cari duit di bulan ini dan kita ganti dengan ibadah-ibadah yang bermanfaat.

Ingat selalu positive thinking kepada Sang Khalik agar kita terjaga dari segala marabahaya dan selalu dimurahkan rezeki kita. Amin.

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.