Jumat, 13 Mei 2011

Mempromosikan Blog Baru Dalam 3 Bulan Pertama

Untuk menjadikan blog kita terkenal dan baik di mata pengunjung, hal yang harus kita lakukan adalah membuat konten yang menarik dan selalu dicari oleh pengunjung. Tetapi, tidak untuk yang satu ini. Konten memang raja, sampai-sampai orang menyebutnya, "Content is The King". Nah, saya anggapan itu akan menjadi tidak berarti jika anda tidak melakukan yang satu ini. Apa itu? Temukan jawabannya di bawah ini.

Seperti yang sudah saya bilang di atas bahwa untuk menjadikan blog kita terkenal baik di mata pengunjung, kita dituntut untuk membuat selalu konten yang menarik dan tentunya juga unik di mata pengunjung. Tapi saya rasa itu tidaklah cukup sampai membuat konten yang menarik setiap hari. Karena ada beberapa faktor lainnya yang sangat mendukung blog anda menjadi terkenal di kalangan para neter.

Yang saya maksud disini adalah bagaimana langkah kita untuk mempromosikan blog kita dalam kurun waktu 3 bulan pertama sejak blog baru kita lahir. Sudah saya katakan kalau hal ini cukup penting, bahkan mungkin sangat penting di samping mengoptimasi SEO untuk blog kita.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin anda harus lakukan jika anda mau blog anda itu terkenal dalam kaitan mempromosikan blog baru anda dalam kurun waktu 3 bulan pertama pembuatan blog.

Hal inilah yang saya lakukan untuk blog doodey sehingga menjadi seperti sekarang ini :

1. Aktif di mailing list

Jauh sebelum mengenal blog, saya aktif berinteraksi dengan rekan-rekan di mailing list almamater. Setelah mempunyai satu blog utama, saya lebih aktif berinteraksi di mailing list tersebut. Dalam interaksi tersebut, saya menginformasikan postingan terbaru blog saya ini, berharap rekan-rekan mengunjungi blog saya. Hasilnya? Sedikit pengunjung yang datang karena mungkin postingan saya tidak menarik bagi mereka. Jumlah pengunjung ini membuat saya introspeksi diri bahwa mailing list almamater bukan wahana yang tepat untuk berpromosi. Selain topiknya seputar dunia akademik, terkadang para anggotanya lebih tertarik memperbincangkan berita-berita yang lagi semarak di media massa dan media elektronik.

2. Blog Walking (BW)

Saya melakukan BW ke blog-blog sahabat saya. Setiap hari saya BW ke 10-20 blog sahabat. Selain ke blog sahabat, saya pun BW ke blog-blog ternama di Indonesia. Saya rajin berkomentar di lebih 10 blog tiap harinya. Hasilnya cukup lumayan menaikkan trafik blog doodey.

3. Mendaftarkan postingan ke Lintas Berita

Saya mencoba untuk mensubmit artikel blog saya ini satu per satu ke Lintas Berita. Setiap habis publish artikel, saya ping sebentar, lalu saya submit ke Lintas Berita ini. Dari pengalaman ini, saya mendaftarkan setiap postingan blog doodey ke Lintas Berita. Hasilnya? Sudah tak dipungkiri lagi kalau trafik akan berdatangan dari sana. (Terkait: Lintas Berita efektif naikkan jumlah pengunjung blog)

4. Blogger tamu

Saya membaca undangan menjadi blogger tamu di o-om.com, salah satu blog Indonesia yang selalu saya tongkrongi. Saya mencoba untuk mengirim tulisan kesana. Sehari kemudian, dari pihak o-om.com sendiri akhirnya menyetujuinya dan menginformasikan bahwa tulisan saya tersebut akan dipublikasikan dalam waktu dekat. Saya sangat gembira mengetahui informasi ini. Tulisan tamu saya pun akhirnya muncul di postingan o-om.com (anda bisa melihatnya sendiri nanti). Sayangnya, trafiknya tidak melimpah, hanya sekitar 10 orang yang datang per hari dari blog tersebut. Namun, postingan tamu tersebut secara tidak terduga meningkatkan jumlah pelanggan dari 12 pelanggan menjadi 30 pelanggan dalam kurun waktu seminggu.

Nah, seingat saya itulah 4 cara yang saya tempuh untuk mempromosikan blog doodey ini dalam 3 bulan pertama dulu. Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan untuk mempromosikan blog Anda dalam 3 bulan pertama?

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.