Kamis, 23 Februari 2012

Artificial Intelegence (AI) atau Kecerdasan Buatan

AI adalah suatu ilmu yang membuat komputer dapat meniru kecerdasan manusia sehingga di harapkan komputer dapat melakukan hal-hal yang apabila dikerjakan manusia memerlukan kecerdasan

Berbagai Definisi AI dari beberapa ilmuwan :
Schalkoff ( 1990 ) , AI adalah bidang study yang berusaha menerangkan dan meniru perilaku cerdas dalam bentuk proses komputansi

Risch dan Knight ( 1991 ) , AI adalah study tentang cara membuat komputer melakukan sesuatu yang sampai saat ini orang dapat melakukannya dengan baik

Lugger dan Stubblefield ( 1993 ), AI adalah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan otomasi perilaku yang cerdas

Haag dan Keen ( 1996 ), AI adalah bidang study yang berhubungan dengan penangkapan, pemodelan dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga sistem tersebut dapat memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang biasanya dilakukan manusia

Tujuan AI
Winston dan Prendengast ( Turban, Mclean, dan Wetherbe, 1999 ), mengungkapkan bahwa tujuan AI meliputi :
1.  Membuat mesin lebih pintar
2.  Memahami kecerdasan
3.  Membuat mesin lebih berguna

Bentuk Perilaku Cerdas
Sehubungan dengan kecerdasan 0,Brien (2001), menyebutkan bahwa perilaku cerdas adalah sebagai berikut :
1.  Berpikir dan bernalar
2.  Memakai penalaran untuk memcahkan persoalan
3.  Menyerap dan menerapkan pengetahuan
4.  Memperlihatkan kreatifitas dan imajinasi
5.  Bekerja dengan situasi yang kompleks dan membingungkan
6.  Melakukan tanggapan dengan cepat dan berhasil terhadap situasi baru
7.  Mengenali elemen-elemen yang relatif penting dalam suatu situasi
8.  Menangani informasi yang rancu, tak lengkap atau salah

Perbandingan kecerdasan Buatan (AI) dan kecerdasan Manusia (Alami)
1.  AI lebih bersifat permanen daripada kecerdasan alami
2.  AI menawarkan kemudahan untuk digandakan dan disebarkan dibandingkan kecerdasan alami
3.  AI dapat lebih murah daripada kecerdasan alami
4.  AI bersifat lebih konsisten dan teliti
5.  AI dapat didokumentasikan dibandingkan dengan kecerdasan alami

Bidang-bidang aplikasi AI
1.  Membuat aplikasi komputer yang sangat mudah bagi pemakai
2.  Meningkatkan pemecahan masalah secara cepat dan konsisten
3.  Membanu menyelesaikan masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan cara konvensional
4.  Menyelesaikan masalah yang mengandung data yang tidak lengkap atau kurang jelas
5.  Menangani informasi yang berlebihan
6.  Meningkatkan produktifitas dalam melaksanakan banyak tugas
7.  Membantu melaksanakan pencarian data

Beberapa  Aplikasi dari AI
Aplikasi Pengetahuan Kognitif :
1.  Sistem pakar
2.  Sistem belajar
3.  Logika kabur
4.  Algoritma genetika
5.  Jaringan saraf
6.  Agen cerdas
Aplikasi Robotik :
1.  Persepsi visual
2.  Rangkasan
3.  Ketangkasan
4.  Daya Penggerak
5.  Navigasi
Aplikasi Antarmuka Alami :
1.  Bahasa alami
2.  Pengenal Percakapan Antar Muka
3.  Multisensor
4.  Mirtual Reality

Macam-macam AI
Pengolahan bahasa alami / NLP
Natural Language Processing (NLP) adalah bidang AI yang berurusan dengan pemahaman bahasa manusia
Contoh : Systrans,  Program ini dapat melakukan penerjemahan antarbahasa manusia, contoh Babel fish Translation di altavista

Pengenalan percakapan
Voice/Speech Recognizing, adalah suatu proses yang memungkinkan komputer mengenali suara
Contoh : Teknologi sistesis suara yaitu teknologi yang memungkinkan komputer dapat bicara

Robotika
Robot adalah piranti elektromagnetik yang dapat diprogram untuk melakukan otomasi terhadap tugas yang biasa dilakukan manusia
Contoh : AIBO ( Robot anjing yang di buat oleh SONY ), ASIMO ( Robot manusia yang dibuat oleh HONDA )

Sistem Pakar
Sistem Pakar adalah sistem yang meniru kepakaran (keahlian) seseorang dalam bidang tertentu dalam menyelesaikan suatu permasalahan
Berbagai Sistem Pakar
BERT , adalah sistem pakar yang digunakan untuk merancang bangunan
DART/DASD, adalah sistem pakar yang digunakan untuk mendiagnosis kerusakan komputer

Model konseptual Sistem Pakar
1.  Basis Pengetahuan ( Knowledge base )
2.  Mesin Inference ( Inference Machine )
3.  Fasilitas penjelas
4.  Antarmuka pemakai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.