Kamis, 23 Februari 2012

E-COMMERCE (ELECTRONICS COMMERCIAL)

PENGERTIAN E-COMMERCE
Electronic Commerce (E-Commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen (Consumers), Manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan Pedagang Perantara (Intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan internet

KONSEP E-COMMERCE
AUTOMATION
Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep “enterprise resource planning”)
 
STREAMLINING/INTEGRATION
Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep “just in time”).
 
PUBLISHING
Kemudahan berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan  jasa yang diperdagangkan (konsep “electronic cataloging”)
 
INTERACTION
Pertukaran informasi/data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error  (konsep “electronic data interchange”)
 
TRANSACTION
Kesepakatan dua pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar (konsep “electronic payment”)

Aplikasi E-Commerce
Aplikasi E-Commerce dalam bidang saham
Pada bidang saham Charles Schwab menyediakan. fasilitas untuk mengetahui dana dan saham yang mempunyai prospek, dapat berpartisifasi dalam bisnis saham, dan berinvestasi dalam “option” dan “IPO” bagi investor yang berpengalaman. Alamat situs E-Commerce Charles Schwab adalah www.charlesschwab.Com.
 
Aplikasi E-Commerce dalam bidang pencarian kerja
Pada bidang pekerjaan Jobsonline merupakan sumber karir yang memberikan nilai posisi yang terbaik, baik pencari kerja maupun perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Menyediakan pelayanan tanpa biaya bagi pencari kerja, serta lowongan yang ada di perusahaan di internet. Alamatnya www.jobsonline.com.
 
Aplikasi E-Commerce dalam bidang pelayanan keuangan
Pada bidang pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman dan perbankan. Dapat dilihat pada alamat www.smartmoney.com.
 
Aplikasi E-Commerce dalam bidang asuransi
Pada bidang asuransi Berkshire Hathaway menyatakan bahwa produknya mempunyai kualitas tertinggi pada harga premi yang bersaing. Alamatnya www.brkdirect.com.
 
Aplikasi E-Commerce dalam bidang retal dan mall
Ritial electronic adalah penjualan langsung (bisnis ke konsumen) lewat took atau mall elektronik; biasanya dirancang dalam format catalog elektronik. Seperti toko buku online Amazon merupakan toko buku terbesar di dunia. Mall elektronik yang juga dikenal sebagai kumpulan toko individual dibawah satu alamat. Dapat dilihat www.choicemall.com.
 
Aplikasi E-Commerce dalam bidang travel
Suatu tempat ideal untuk merencanakan, mengeksplorasi dan mengatur hampir semua perjalan. Fasilitas yang disediakan pemesanan tiket pesawat terbang, pemesanan kamar hotel, persewaan mobil, liburan, pesiar, pinjaman dengan harga murah, mobil baru dengan harga kompetitif da penghematan biaya komunikasi jarak jauh. Dilihat www.priceline.com.
 
Aplikasi E-Commerce dalam bidang lelang
Lelang di internet serupa dengan lelang biasa tapi dikerjakan dengan komputer. Situs Host bertindak sebagai broker yang memberikan pelayanan kepada penjual untuk menetapkan harga jualnya dan pembeli menawarnya. Kebanyakan lelang dibuka dengan penawaran terendah yang harus diterima penjual, informasi terinci dari setiap item penjualan tersedia secara online.
 
Aplikasi E-Commerce dalam bidang online publishing
Pada bidang publishing meliputi berita, surat kabar, majalah dan jurnal. Surat kabar yang terbaik Washingtonpost.com yang berhasil, dan mempunyai misi pengembangan produk dan bisnis editorial perusahaan di internet dan semua media elektronik. Fasilitas yang diberikan antara lain news yang berisi berita dari menit ke menit mencakup local, nasional dan global, live online, onpolitics, entertainment guide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.