Rabu, 21 September 2011

6 Tips Belanja Online Aman Di Internet

Tidak hanya berbelanja langsung di toko saja yang rawan akan penipuan, anda juga harus waspada terhadap penipuan yang mungkin terjadi jika ber-belanja online. Seperti berbelanja offline, ber-belanja online juga dapat dilakukan secara aman. Simak beberapa tip-tip berikut yang akan membantu anda dalam ber-belanja online dengan lebih aman.

1. Harga super miring, patut dicurigai.

Ada yang jual barang dengan harga sangat jauh dari harga aslinya?, sebaiknya Anda jangan terburu nafsu dulu. Tahan dulu dan cari info yang lebih banyak tentang penjual. Cek, cek dan ricek lagi.

2. Tidak mau diajak COD atau CnC.

Jika anda satu kota dengan penjual, tapi si penjual menolak bertemu langsung untuk bertransaksi dengan cara COD (Cash On Delivery) atau CnC (Cash and Carry), anda patut waspada.

3. Gunakan jasa pihak ketiga.

Jika nilai transaksi sangat besar, lebih baik digunakan jasa pihak ketiga, seperti Rekening Bersama. Beberapa komunitas menyediakan fasilitas tersebut. memang ada fee-nya, tetapi ini jauh lebih baik daripada uang yang anda kumpulkan dengan susah payah, hilang sia-sia. Waspada jika penjual menolak menggunakan jasa pihak ketiga/rekening bersama.

4. Tunggu barang datang.

Ada modus baru dimana barang yang akan dikirim tidak sesuai dengan barang yang telah dipesan. Biasanya dia akan bersikeras untuk mengirim terlebih dahulu, sehingga Anda akan merasa punya kewajiban untuk segera membayar. namun ada baiknya sebelum melakukan pembayaran, tunggu hingga barang sudah Anda terima. Jika barang sesuai dengan yang dipesan, segera lakukan pembayaran.

5. Mendesak Anda untuk segera membayar.

Jika sipenjual mendesak Anda untuk segera membayar dengan berbagai macam alasan, Anda harus waspada. Lebih baik Anda kehilangan barang buruan Anda, daripada Anda tertipu dan uang melayang. Ciri ini sering digunakan pada penjual yang mengaku butuh uang ,dsb.

6. Perhatikan Tanggal bergabung, reputasi dan testimonial (Forum)

Untuk jual-beli di forum, walau tidak mutlak, tidak ada salahnya untuk memperhatikan point tersebut diatas. Semakin lama dia bergabung, umunya lebih dipercaya. Apalagi jika memiliki reputasi dan testimonial yang bagus.

Semoga tips belanja online bisa bermanfaat agar kita bisa lebih waspada terhadap penipuan yang terjadi lewat internet.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.