Sabtu, 17 September 2011

Membuat Website Yang Tidak Mudah Di Hack

Berikut ini adalah mengenai Tips dalam Membangun Websites yang tidak mudah di jebol Hacker. Sehubungan dengan maraknya DEFACE atau hacking isi websites pemerintah maupun organisasi besar yang lain diantaranya berbagai pesan yang sampaikan sebagai bentuk konfrontasi terhadap Roy Suryo maka berikut ini berbagai Tips yang dapat dilakukan oleh Web Administrator untuk membangun Webserver yang tangguh dan tidak mudah dibobol oleh Hacker.


Tips Pertama :
Jika pada umumnya, hosting websites dilakukan pada ISP ( Internet Service Provider ) dengan Space tertentu lalu kita melakukan UPLOAD website via FTP atau via CPANEL ( Control Panel ). Webhosting inilah yang rawan dan mudah sekali dibobol oleh Hacker diantaranya mengunakan teknik SQL Injection. Maka disarankan agar mengunakan Server sendiri dan mengunakan VPS ( Virtual Private Server ). Dengan Server sendiri atau Virtual Private Server bisa mengunakan berbagai proteksi terhadap kita secara Customized. Beda dengan Web Hosting, proteksi security dilakukan terserah apa kata ISP. Kelemahan proteksi inilah yang dimanfaatkan oleh Hacker dengan melakukan Port Scanning untuk menemukan celah security yang bisa ditembus untuk bisa masuk dan mengambil alih websites tersebut.


Tips Kedua :
Mengunakan Hardware Security yang powerfull diantaranya yang memiliki fitur Firewall, IDS ( Intrusion Detection System ) dan IPS ( Intrusion Prevention System ). Contohnya mengunakan Fortigate, Cisco Series Security, 3Com Tipping Point, dll. Dapat juga mengunakan software IDS seperti Black ICE Countermeasures ataupun Distro Linux untuk security system seperti Smootwall, Monowall, Customized Distro Linux, dll. Umumnya, baik software maupun hardware security ini bisa secara otomatis mengirimkan email alert bahkan bisa mengirimkan alert via SMS jika system mendeteksi adanya serangan dari hacker.


Tips Ketiga :
Mengunakan system yang Stable yang sudah perfect systemnya sehingga kemungkinan adanya celah keamanan juga dapat diminimalkan. Banyaknya software atau Tool Web builder dengan berbagai versi terutama versi gratis / free License / Freeware, sebaiknya para pemakai memilih versi yang sudah dinyatakan Stable. Seperti adanya BUG pada software Joomla versi 1.5.0 - 1.5.5.


Tips Keempat :
Web Administrator / System Administrator harus melakukan Review, Testing, Simulasi secara berkala terhadap keamanan pada Server yang dikelolanya. Bahkan bisa bekerja sama dengan Hacker ( White Hacker yang dapat dipercaya reputasinya ) untuk melakukan Audit terhadap implementasi Security webservernya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.