Rabu, 21 September 2011

Mengembalikan Manusia Kepada Fitrah


Tidak ada seorangpun di dunia yang suka di perbudak, di peralat,diposisikan hanya sebagai rakyat jelata saja bukan penguasa /provider, hanya sebagai pembeli & konsumen yang lemah. Manusiapada hakikatnya lebih bahagia di sejajarkan dengan sesama, tidaklebih tinggi, tidak lebih rendah, tidak berkelas-kelas. Adalah normalpada platform tempat kita berpijak pada masa lalu terjadi segregasiantara penguasa, raja, pemerintah dengan rakyatnya. Secara naturalarus informasi & pengetahuan di platform lama memang lambat danmenimbulkan segregasi struktur masyarakat maupun struktur teknologiuntuk dapat beroperasi dengan baik & mencegah revolusi bangsa.


Dengan berkembangnya pengetahuan manusia, segregasi & kelas ditumbangkan. Penumbangan segregasi & kelas tidak hanya terjadi distruktur masyarakat, penghancuran struktur yang tidak berpihak kepadafitrah manusia terjadi pada berbagai piranti / alat / tool yangdigunakan masyarakat itu & yang sangat terasa terjadi di duniatelekomunikasi & teknologi informasi.


Saya yakin seyakin-yakin-nya bahwa tidak ada satupun orang diIndonesia yang bahagia dengan monopoli yang dilakukan berbagai BUMN &negara. Konsekuensi monopoli tarif menjadi permainan pemerintah yangsudah kita rasakan sakitnya.


Mungkinkah kaum lemah ini melakukan perlawanan terhadap sistemyang tidak seimbang? Jelas sangat mungkin, gotong royong, bahumembahu, bekerja sama bersatu merupakan jawaban sederhana untukmengatasi perbedaan kelas yang tersebut. Networking (gotong royong,bahu membahu) menjadi buzzword teknologi natural tersebut.


Apakah pemerintah / orang Amerika serikat yang memaksakan itusemua, untuk kepentingan komersial tertentu? Secara teknologiInternet sangat terbuka di tulis oleh banyak orang bergotong royongseluruh dunia (termasuk beberapa orang Indonesia), standar di tulisdalam bentuk dokumen RFC terbuka dan dapat di download dari berbagaisitus di Internet. Hal ini merupakan konsekuensi berbagai softwarependukung Internet yang dikembangkan secara terbuka sa’ sourcecode-nya anda dapat mengambil secara gratis & mememperbaikinyajika dirasakan kurang baik. Tidak ada satupun pengetahuan yang dirahasiakan, copyleft menjadi gerakan melawan monopoli &incumbant.


Secara natural, sebuah jaringan data (network) akan menganutsambungan connectionless untuk menjamin flexibilitas pengiriman paketdata. Flexibilitas ini pada akhirnya menjamin reliabilitas pencarianroute pada saat terjadi kerusakan pada jaringan, packet data akandengan cepat bergerak mencari route yang baik. Proses connectionlessdilakukan pada lapisan network oleh Internet Protocol (IP). Tentunyaconnectinless saja tidak cukup untuk operasi jaringan, connectionoriented dibangun di atas jaringan connectionless untuk menjamin datayang dikirim secara reliable mencapai tujuan, hal ini dilakukan olehlayer transport oleh Transmission Control Protocol (TCP). Sehinggauntuk menjamin reliabilitasnya Internet menggunakan hubunganconnection maupun connectionless melalui protokol TCP/IP-nya.


Akses Internet menjadi penting; ISP & WARNET menjadi solusibagi bangsa ini untuk mengakses Internet dan dunia informasi &pengetahuan di seluruh dunia. Price / performnace untuk informasi &pengetahuan yang diperoleh jauh lebih baik daripada platform yanglama yang dioperasikan oleh Telkom. Sialnya Telkom denganmonopoly-nya tidak mau menawarkan servis 0809 kepada semua ISP yangada di Indonesia, justru menutup untuk diri sendiri dengan TelkomnetInstant-nya yang merusak pasar Internet di Indonesia secara tidakfair.


Beberapa aplikasi realtime (seperti internet telepon, VoIP)membutuhkan Quality of Service (QoS) yang lebih baik daripadaaplikasi Web / mail. QoS dengan mudah dilakukan di Internet denganmengaktifkan Resource Reservation Protocol (RSVP), Real Time Protocol(RTP), Compressed Real Time Protocol (CRTP) untuk melakukan TrafficShaping, Priority Queuing, Weighted Fair Queuing, CongestionControl: Random Early Detection, Effisiensi Jaringan: linkfragmentation & interleaving yang dibantu berbagai standarkompresi suara G.726 ADPCM , G.728 LD-CELP, G.729, G 723.1 dankeluarga protokol H.323 yang akhirnya memungkinkan Internet Telepon8-10 kali lebih effisien daripada telepon biasa dari telkom dengankualitas yang mendekati kualitas Telkom. Pada saat nanti chip DigitalSignal Processing (DSP) menjadi murah & powerfull, bukan mustahilkualias suara Internet telepon menjadi sama / bahkan lebih baik darikualitas Telkom yang sering kresek-kresek itu. Sialnya pemerintahmasih berpihak pada operator besar daripada rakyatnya yang sebetulnyamampu mengoperasikan teknologi VoIP sendiri.


Keamanan menjadi isu pada saat kepercayaan / trust dibutuhkan. Isuini bukan hanya ada di Internet tapi juga diberbagai platform yanglain, baik di jaringan Telekomunikasi biasa (dengan banyaknyapencurian pulsa), maupun platform ekonomi & politik di Indonesia.Internet memungkinkan terjadinya proses Otentikasi,Keutuhan (integrity),Kerahasian (confidentiality),dan nir-sangkal (non-repudiation)– teknologi penyandian (kriptografi) menggunakan kunci 40-128 bitdengan berbagai algoritma DES & RC4 memungkinkan keutuhan,kerahasian & nir-sangkal dilakukan. Public Key Infrastructure(PKI) menjadi bagian integral dari sistem kunci sandi ini. Jikasecurity ingin di tingkatkan lagi, teknik biometric digunakan padaprivate key agar seseorang dapat menggunakan sidik jari / retina matasehingga sulit bagi orang lain untuk menduplikasi / mencurinya.Proses otentikasi nama, alamat, institusi, bonafiditas dsb. dilakukanmenggunakan X.509 Certificate Authority. Setahu saya tidak ada systemyang sekompleks ini di platform-platform yang lain. Gilanya,teknologi ini dapat diperoleh secara gratis & open source /terbuka misalnya pada Linux RedHat 7.0, menggunakan aplikasi SocketSecure Layer (SSL) openssl, mod_ssl, openssh dsb. yang semuanya opensource.


Yang banyak terjadi di Internet adalahpembelia menggunakan kartu kredit curian, yang dicuri mungkin padasaat kita berbelanja di toko, restoran, hotel dsb. Sialnya kartukredit tsb menjadi mudah digunakan di Internet karena hanyadibutuhkan nama, nomor kartu & expiry date saja untukbertransaksi tanpa menampilkan fisik kartu kredit tersebut.


Adanya keamanan & trust memungkinkankita melakukan transaksi di Internet dengan baik, tentunya hal iniharus dilakukan oleh semua pihak yang akan melakukan transaksi.Banyak portal B2C terutama yang collapse di Internet karena memangtidak mudah untuk mencari massa di dunia ini (bukan hanya diInternet). Tapi banyak usaha yang sukses gemilang justru denganInternet karena tidak harus menggunakan SLJJ, SLI, FAX tidak harusmelalui banyak birokrasi – seperti outsourcing software, hubunganprodusen / pengrajin / petani dengan distributornya di luar negeri,konsultan dsb semua ini terjadi di Indonesia & saya mengenal daridekat beberapa pelakunya. Umumnya polanya B2B & mereka rata-ratatidak listing di bursa (karena memang tidak membutuhkan pasokanmodal) & konsekuensinya tidak gembar-gembor karena memangaman-aman saja hidup-nya dan menghasilkan jauh lebih banyak daripadamasa lalu pada saat harus melakukan transaksi melalui SLJJ, SLI &FAX yang jauh lebih mahal.


Semua ini merupakan bagian dari evolusi manusia, prosespenghapusan kelas, proses pensejajaran derajat – karena padadasarnya fitrah manusia adalah sejajar sederajat di muka bumidihadapan Allah SWT untuk beramal soleh kepada sesama (sejajar,sederajat secara horizontal) dan hanya beribadah kepada-Nya(vertikal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.