Kamis, 29 September 2011

Mungkin Ini Alasan Google Panda Tidak Mementingkan Backlink

Barusan saya posting artikel yang berjudul "Jangan Takut Menghadapi Google Panda !" dimana saya membahas bagaimana seharusnya kita menghadapi alogaritma Google baru sekarang, yaitu Google Panda. Buat sobat yang belum membacanya, silakan dech baca dulu sebelum saya melanjutkan artikel ini.

Setelah Google update Pagerank kemarin, ada desas desus di media bahwa Google dengan Panda nya ini dikabarkan sudah tidak lagi mementingkan yang namanya Backlink. Tentu saja berita ini tidak dapat saya terima bulat-bulat, mengingat salah satu faktor utama sebuah blog agar tetap eksis di search engine adalah dengan adanya backlink itu sendiri.

Dulu Backlink adalah senjata yang ampuh bahkan sangat ampuh sekali sebagai senjata andalan untuk menaikan rangking blog kita di search engine, Google. Tapi itu semua sekarang tidak berlaku. Dulu, blog yang tidak berkualitas (low quality) asalkan backlinknya banyak bisa mendapatkan peringkat yang tinggi di search engines.

Tapi sejak si Google Panda ini lahir, banyaknya backlink pada blog kita tidak akan bisa membantu menaikkan rangkings blog di search engines, Google. Google lebih suka pengoptimalan di On Page SEO blog kita. Dan yang lebih menakutkan lagi, kalau buat saat ini kalau backlink kita berlebihan tapi optimalisasi on page blog kita kurang, resiko banned google bisa saja terjadi karena blog kita akan dianggap web activity spam. Serem gak thu?

Jadi ada baiknya mulai dari sekarang kita lebih menekankan ke pengoptimalan On Page SEO. Percuma mondar mandir kesana kemari buat nyari backlink, pusing belajar alat-alat buat nancepin url dan beli backlink mahal, semua itu hanya membuang-buang waktu dan uang saja (maaf bukanya bermaksud menyudutkan jasa backlink ya). Karena saya berbicara atas fakta, kalo mau jelas silahkan baca disini.

Lalu, ada yang bertanya seperti ini.

Kalo untuk naikin Pagerank apa masih membutuhkan backlink ya?

Pengalaman saya pibadi, backlink tidak mesti didapatkan dari banyaknya jumlah backlink tuh, ada beberapa blog saya yang minim backlink tapi mempunyai Pagerank dan sebaliknya yang banyak backlink malah gak dapet Pagerank.

Pagerank itu cuma hadiah dari Google dan Pagerank bisa datang sendiri jika kualitas blog kita high quality. Pagerank yang bagus datangnya secara alami bukan buatan dengan bombardir pake backlink.

Penting! Ingat tujuan anda ngeblog apa, untuk menambah atau berbagi ilmu apa hanya sekedar mengejar pagerank?

Ingat juga kalau Google hanya senang dengan konten yang fresh, original, dan tidak copy paste dari blog tetangga. OK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.