Minggu, 04 September 2011

Bagaimana Menumbuhkan Gemar Menabung Pada Anak?

Sering kita dengan pepatah orang tua dulu yaitu hemat pangkal kaya, dan memang benar kalau kita bisa berhemat kitapun juga bisa kaya, lalu bagaimana menumbuhkan gemar menabung pada anak kita agar nantinya mereka terbiasa menabung?. Menumbuhkan gemar menabung pada anak sangat positif sekali bagi orang tua yang ingin melihat anaknya mandiri dalam hal keuangan.

Kegemaran menabung semenjak dini bisa ditumbuhkan dalam jiwa anak-anak kita dari usia yang paling dini sekalipun, sehingga di usia dewasa nanti mereka akan terbiasa dengan keadaan dimana mereka bisa mengatur keuangannya sendiri tanpa bantuan orang tuannya terlebih orang lain.

Saat ini sudah banyak paket menabung untuk anak pada bank-bank lokal dan swasta, anda bisa memilih paket tersebut dengan meng-ikutsertakan anak anda dalam memilih bank mana dan proses registrasinya, sehingga mereka tahu bahwa mereka juga ikut andil dalam uang yang mereka miliki.

Kadang menabung di celengan dalam rumah juga bisa kita lakukan sebagai orang tua kepada anaknya, namun banyak sekali saat ini orang tua yang jarang menyediakan alat tabungan atau celengan dalam rumah yang diperuntukkan bagi anak yang ingin menabung uang sisa jajan mereka.

Terlebih setelah hari raya idul fitri kemarin, kebanyakan anak-anak menghabiskan uang angpao yang mereka dapatkan di hari raya kemarin untuk membeli mainan atau menghabiskan untuk jajan makanan, ada baiknya jika kita memberikan solusi untuk menabung uang mereka agar bisa dipergunakan untuk keperluan sekolah.

Mungkin trik dibawah bisa anda pakai bagaimana menumbuhkan gemar menabung pada anak :
  • Mulai dengan memberi contoh dengan menunjukkan pentingnya menabung dan cara menabung. Jelaskan kepada anak-anak tujuan anda menabung, mungkin untuk hari tua, membeli mobil baru atau mengganti televisi yang sudah tua.

  • Beri alasan kenapa anak-anak perlu menabung. Amat sulit membiasakan menabung, kecuali ada alasan yang kuat. Bahkan, orang dewasa sekalipun, perlu alasan kenapa harus menabung.

  • Ajaklah anak-anak membuat rencana, menetapkan tujuan sekaligus menahan diri. Misalnya jangan habiskan uang untuk jajan di sekolah karena bisa diganti dengan membawa bekal dari rumah sehingga uang saku bisa di tabung untuk membeli pemutar musik MP3 dalam beberapa bulan.

  • Buat aturan bersama. Bila anda memutuskan memberi uang saku anak-anak dalam seminggu, tetapkan bersama bagaimana uang saku itu dihabiskan. Pastikan aturan itu juga menetapkan wajib menabung sebgaian dari uang saku sebagai syarat mendapat uang saku minggu berikutnya.

  • Beri hadiah untuk upaya mereka. Caranya antaralain dengan menambah sebesar? atau sebagian dari jumlah uang yang berhasil mereka tabung.

  • Ajak anak-anak ke Bank, untuk munjukkan bagaimana cara menabung di bank dan buka rekening untuk mereka. Secara berkala, ajak mereka melihat bagaimana tabungan mereka di bank memeberi bunga.

  • Window Shopping. Dorong anak-anak untuk tidak membawa uang saat anda mengajak mereka berbelanja. Cara ini akan mengajarkan mereka cara merencanakan apa yang akan mereka beli dari pada membeli hanya karena dorongan rasa ingin. Barang yang anak anak ingin miliki bisa di beli saat lain kali berbelanja.

  • Ajak anak-anak melihat bagaimana anda mengatur uang untuk kebutuhan sehari-hari. Mungkin tidak perlu memberi tahu mereka berapa besar tagihan anda, tapi anda bisa jelaskan bagaimana anda menabung untuk liburan keluarga atau bagaimana menganggarkan belanja sehari-hari.

  • Membuat anggaran belanja sehari-hari bisa menyenangkan dan jadi cara belajar. bairkan anak-anak membuat daftar belanja bulanan sesuai anggaran. Dengan cara ini mereka belajara mana barang yang harus di beli, mana yang harganya paling mahal, atau mana makanan yang paling bergizi.

(source :Kompas, Minggu 26 Juli 2008)

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.